Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Di Pagaralam, Napi Keluar Rutan Ambil Ineks

0

PAGARALAM, Sumsel, jurnalsumatra.com – Akibat ulahnya sendiri, Antoni (31) seorang napi narkoba dipastikan menjalani hukuman tambah lama di balik jeruji besi Cabang Rutan Pagaralam. Betapa tidak, tersangka yang tercatat warga Beringin Sakti Simpang Mana, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan ini tertangkap basah membawa sebutir pil geleng-geleng alias ineks oleh anggota Satres Narkoba Polres Pagaralam, di kawasan Tanjung Cermin, Kecamatan Dempo Utara, kemarin (28/4) sekitar pukul 11.00 WIB.

Informasi yang dihimpun di lapangan, penangkapan kepada tersangka Antoni ini berawal dirinya keluar rutan tanpa pengawalan sipir. Niatnya saat itu membeli pakan burung, namun ternyata rupanya mengambil bingkisan titipan rekannya di kawasan Tanjung Cermin (wisma bara, red) untuk dibawa ke rutan.

Dalam perjalanan pulang ke rutan, sejumlah anggota Satreskrim Narkoba yang kebetulan melintas di lokasi ini melihat tersangka Antoni mengendarai sepeda motor Suzuki Smash bernopol BG 6593 CC, tak jauh dari Wisma Bara. Karena menaruh curiga terhadap napi narkoba ini langsung mencegatnya.  Sesaat langsung melakukan pemeriksaan, tersangka saat ini membawa bungkusan yang tergantung di motor.

Didalaman bungkusan asoy hitamg tersebut, ditemukan sabun mandi, pasta gigi, handbody, dan sebuah sarung. Atas kecermatan petugas yang dipimpin Bripka Yopan saat itu, menemukan sebutir ineks berwarna biru terbungkus plastik klip bening yang diselipkan di merk sarung. Tak ayal, mendapati barang bukti ineks tersebut, tanpa babibu lagi tersangka langsung digelandang ke mapolres Pagaralam.

Menurut penuturan Antoni, napi yang divonis hukuman 5 tahun 3 bulan ini, kalau dirinya sama sekali tidak tahu menahu mengenai adanya naroba (sebutir ineks, red) didalam pelastik asoy hitam yang akan dititipkan kepada salahsatu napi yang ada didalam rutan. “Aku dak tau kalu ado ineks didalamnyo. Aku cuma bawake be titipan ini dari kawan di nak dibawak ke rutan,” ujar dia seraya mengatakan prihal titipan ini dirinya ditelpon untuk mengambilnya di kawasan Tanjung Cermin.

Kapolres AKBP Hendra Gunawan SIK melali KBO Satres Narkoba Bripka Yopan dikonfirmasi, pihaknya membenarkan memang adanya penangkapan kepada tersangka narkoba yakni salah satu napi di Rutan Pagaralam yang membawa sebutir inkes. “Pelakunya sudah kita amankan sebutir ineks berwarna biru, bersama barang bukti lainnya bungkusan assoy hitam dan motor,” ujarnya seraya mengatakan kasusnya masih kita kembangkan lagi terkait kasusnya ini dan dugaan adanya tersangka lainnya.

Terpisah menanggapi adanya penangkapan salahasatu napi narkoba, Kepala Cabang Rutan Kota Pagaralam Muhammad Kameily Amd.IP, SH, MH kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporannya. “Kita sudah mendapatkan laporannya, napi kita ditangkap anggota Satnerkoba Polres Pagaralam,” ungkapnya.

Prihal kok bisa, napi bisa bebas keluar rutan dikatakan Kameily, sebelum kejadian dia (napi Antoni, red) minta izin keluar untuk membeli pakan burung lantaran habis. Saat itu dia melapor ke kepala rutan dan diizinkan, jawab Kamaeily. “Kita tidak tahu pas di lapangan dia (Antoni, red) ada keperluan lain. Yang ternyata ditangkap polisi karena membawa itu (pil Ineks, red),” jawab Kamaeily.

Dia juga menegaskan, adanya napi yang diberikan izin keluar ini adalah napi yang lebih dari separuh sudah menjalani masa hukuman. “Dia Antoni, divonis lima tahun dan dia adalah napi sejak 2012 silam dan tinggal beberapa bulan lagi bebas dari rutan,” ungkap dia. (Asa)