Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Kadis: Sumsel Miliki Enam Daerah Pengembangan Industri

0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana mengatakan, Sumsel memiliki enam daerah menjadi tempat pengembangan industri produk unggulan.
Daerah yang dijadikan industri itu karena potensinya cukup besar dan sangat mendukung, kata dia saat acara penyusunan rencana pembangunan industri provinsi, kabupaten dan kota di Palembang, Senin.
Dia mengatakan,  daerah yang menjadi tempat pengembangan industri itu adalah Tanjung Enim, Kabupaten Muaramenim, Penungkal Abab Lematang Ilir, dan Ogan Komering Ilir.

    Selain itu Kota Lubuklinggau, Palembang, dan Banyuasin yang juga terdapat kawasan ekonomi khusus, ujar dia.
Menurut dia, kawasan tersebut akan dikembangkan termasuk dalam pengelolaan barang mentah menjadi barang jadi atau produk hilir.
Dia mencontohkan, kawasan Penungkal Abab Lematang Ilir akan dijadikan industri gas karena daerahnya sangat mendukung.

    Begitu juga Banyuasin sangat cocok untuk industri pertanian dan perkebunan seperti kelapa, kata dia.
“Bahkan, di kawasan tersebut ini juga terdapat kawasan ekonomi khusus yang nantinya akan dikembangkan industri hilirisasi,” ujarnya.
Memang dalam membangun kawasan industri tersebut masih terkendala dana sehingga diharapkan pemerintah pusat dan pihak terkait lainnya dapat membantu, tambah dia.
Penyusunan rencana pembangunan industri itu diikuiti utusan se-Sumatera Bagian Selatan diselenggarakan Kementerian Perindustrian.(anjas)