Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Banjarbaru Miliki Kampung Digital UMKM

0

     Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memiliki kampung digital usaha mikro, kecil dan menengah yang disiapkan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.
Peresmian kampung digital UMKM yang terletak di samping Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menangah Kota Banjarbaru dilakukan Wali Kota Nadjmi Adhani, Rabu.
“Kami mengapresiasi disiapkannya kampung digital UMKM yang difasilitasi PT Telkom bersama Dinas Koperasi dan UMKM,” ujar wali kota didampingi Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan.
Menurut wali kota, kampung digital UMKM memiliki peran besar terhadap perkembangan usaha yang dijalankan pelaku usaha terutama usaha mikro, kecil dan menengah.
Ditekankan, seiring perkembangan jaman yang memasuki era digitalisasi maka dibutuhkan peran teknologi informasi dalam pengembangan usaha termasuk usaha kecil.

     “Jika bisnis anda tidak dijalankan secara daring (dalam jaringan) atau “online” maka akan bangkrut sehingga sudah saatnya setiap bisnis dilakukan “online,” sebut wali kota mengutip ucapan Bill Gates.
Dijelaskan, kampung digital UMKM merupakan salah satu program bina aspirasi untuk gerakan sejuta UMKM di seluruh Indonesia (Bagus Indonesia) yang disiapkan pemerintah.
“Kami sangat mendukung program nasional karena UMKM memang harus didorong sebagai penopang ekonomi kerakyatan yang selalu tumbuh dan berkembang,” ujar wali kota.
Diharapkan, melalui program itu seluruh UMKM bisa semakin maju dan berkembang disamping mandiri serta kreatif dalam mengembangkan bidang usaha yang dijalankan.
“Harapan kami, UMKM di Banjarbaru terus tumbuh dan berkembang serta mampu bersaing di tingkat global dan memberikan kontribusi bagi setiap pelaku usaha,” kata dia.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banjarbaru Fachrudin mengatakan, kampung digital UMKM merupakan tempat santai yang dilengkapi fasilitas internet bagi pelaku usaha.
“Setiap pelaku usaha bisa datang dan membuka akses internet dan akan dibantu petugas mengembangkan usahanya melalui jaringan internet yang bisa diakses,” ujarnya.
Selain meresmikan kampung digital UMKM, wali kota didampingi anggota FKPD Banjarbaru dan mantan wali kota Ruzaidin Noor meresmikan kantor baru Dinas Koperasi dan UMKM.(anjas)