Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Jembatan Penghubung Pepedan-Tetel Segera Dibangun

0

Purbalingga, jurnalsumatra.com – Jembatan penghubung Desa Pepedan dan Desa Tetel, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akan segera dibangun pada tahun 2017, kata Bupati Purbalingga Tasdi.
“Jembatan akan segera dibangun tahun depan jika Kepala Desa Pepedan bisa menyediakan lahan dengan lebar 9 meter,” katanya di Purbalingga, Jumat.
Menurut dia, lahan selebar 9 meter itu diperlukan agar ke depan tidak dilakukan pelebaran jalan lagi seiring dengan perkembangan zaman.
Ia mengatakan pembuatan dokumen rancangan teknik terinci atau “detail engineering design” (DED) jembatan penghubung Desa Pepedan, Kecamatan Karangmoncol, dengan Desa Tetel, Kecamatan Pengadegan, itu akan dilaksanakan pada APBD Perubahan Tahun 2016.
“Saya berharap setelah DED rampung, pembangunan konstruksi bisa dilaksanakan pada 2017,” katanya.
Kepala Subbidang Prasarana Wilayah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purbalingga Hadi Iswanto mengatakan pembangunan jalan dan jembatan penghubung Desa Pepedan dengan Desa Tetel yang berukuran 130×7 meter itu diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp30 miliar.
“Khusus untuk jalan, kami mengusulkan tiga opsi, yakni menggunakan jalan yang telah ada melalui MI Muhammadiyah, melalui tengah tugu Perjuangan Siliwangi, atau melalui depan tugu Perjuangan Siliwangi, sedangkan konstruksi jembatan akan menunggu hasil DED,” katanya.
Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Purbalingga R. Imam Wahyudi mengatakan dalam rangka mempercepat proses pembangunan jembatan khususnya pembuatan jalan akan dianggarkan dengan kegiatan Karya Bakti TNI melalui anggaran perubahan.
Menurut doa, pelaksanaan Karya Bakti TNI dengan tujuan pembuatan jalan makadam itu akan dilaksanakan dalam dua tahap.
“Jika melihat lahan untuk jalan itu cukup panjang, tidak memungkinkan dilaksanakan dalam satu tahap,” katanya.
Dengan demikian setelah jalan makadam itu selesai, kata dia, kapasitas jalannya dapat ditingkatkan dengan pengaspalan pada tahun 2017.
Terkait lahan untuk jalan sesuai yang diminta Bupati Purbalingga, Kades Pepedan Zahid Zuriatno menyatakan kesanggupannya untuk menyiapkan lahan tersebut.
Kendati demikan, dia mengatakan bahwa masalah penyediaan lahan tersebut akan dimusyawarahkan lebih dulu dengan memperhatikan pertimbangan dari tokoh-tokoh masyarakat.
“Kami akan musyawarahkan dulu agar bisa mencari solusi yang terbaik,” katanya.(anjas)