Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Enam SMP Selenggarkan UNBK Di Sumbar

0

     Padang, jurnalsumatra.com – Jumlah SMP sederajat penyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumatera Barat 2016 meningkat menjadi enam sekolah dari awalnya hanya satu sekolah pada 2015.
“Pada 2015 hanya satu sekolah di Padangpanjang yang melaksanakan UNBK. Tahun ini meningkat menjadi enam sekolah masing-masing SMP 2 Padangpanjang, SMP 2 Sawahlunto, SMP 1 Payakumbuh, SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, SMP 2 Sungai Pua Agam, dan SMP 1 Tanjung Raya Agam,” kata Ketua UN Sumbar, Nasmeri di Padang, Kamis.
Menurutnya, hal itu merupakan sebuah kemajuan dan diharapkan tahun 2017, akan semakin banyak SMP sederajat penyelenggaran UNBK di Sumbar.

     “Secara bertahap, pelaksanaan UN ke depan akan tetap menggunakan teknologi, karena itu secara bertahap pula sekolah tentu harus mempersiapkan diri,” tambahnya.
Terkait soal UN tingkat SMP, ia menjelaskan, hari ini, Kamis (5/5), semuanya telah terdistribusi ke seluruh kota dan kabupaten di Sumbar.
“Jadwalnya, hari ini seluruh soal untuk kabupaten telah dikirimkan. Sebelumnya, khusus untuk Mentawai telah dikirimkan pada 1 Mei. Sedangkan soal UN SMP untuk kota, didistribusikan Rabu (4/5) kemaren,” ujarnya.
Jadwal UN SMP sederajat pada hari pertama(9/5) adalah Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat IPA.

     Sementara untuk paket B, pada hari pertama UN yakninya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PKM, hari kedua Matematika dan IPS serta hari ketiga Bahasa Inggris dan IPA.
“Kami berharap UN SMP dapat berjalan lancar. Pemerintah provinsi telah membuat surat edaran ke bupati/wali kota untuk mengawal UN dengan baik. Begitu juga mengambil kebijakan jika ada ada isu jawaban beredar. Pihak PLN juga telah memastikan untuk kelancaran UN dengan basis komputer tingkat SMP tidak ada mati listrik,” katanya.
Ujian Nasional tingkat SMP sederajat pada 9 Mei hingga 12 Mei 2016 di Sumbar akan diikuti 67.957 siswa SMP di 764 sekolah, 326.124 orang siswa MTs di 394 sekolah, dan 3.094 orang peserta paket B di 92 PKBM yang ada di Sumbar.(anjas)