Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tingkat Kelulusan UN SMA Dumai Capai 100 Persen

0

Dumai, Riau,jurnalsumatra.com – Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Kota Dumai menyatakan hasil ujian akhir tingkat SMA sederajat di daerah ini tidak ada peserta didik gagal dan seluruhnya dinyatakan lulus seratus persen.
“Peserta didik ikut ujian semuanya lulus dan tidak ada yang mengulang, namun pencapaian nilai agak menurun dibanding daerah lain di Riau,” kata Ketua Panitia UN Disdik Dumai Misdiono, di Dumai, Sabtu.
Pengumuman kelulusan dilakukan serentak pada pukul 10.00 WIB tadi di seluruh sekolah SMA sederajat, dan peserta didik dihimbau untuk menyumbangkan pakaian seragam putih abu abu layak pakai agar dapat dipakai adik kelas atau siswa kurang mampu.
Penurunan prestasi kelulusan pelajar tahun ini, lanjut dia, terletak pada penilaian peserta ujian dengan sistem komputer yang diadakan 12 sekolah SMA sederajat di Dumai.
UN SMA berbasis komputer dilaksanakan oleh 12 sekolah negeri swasta dengan jumlah peserta 2.586 anak didik, sedangkan ujian sistem manual diikuti 1.042 siswa dari 20 sekolah.
“Tapi turun prestasi se Riau ini tidak menjadi persoalan karena semua anak didik berhasil lulus dengan baik,” sebut Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Dumai ini.
Agar kelulusan ini tidak diikuti dengan tindakan negatif, sekolah diminta untuk mengumpulkan anak didik dan mengimbau untuk tertib dan melakukan kegiatan positif yang lebih bermanfaat dibanding perayaan berlebihan.
Pemantauan, meski telah dihimbau untuk positif dan tidak melakukan tindakan berlebihan, namun tampak masih ada sekelompok pelajar menggelar konvoi kendaraan dengan baju seragam dicoret di beberapa ruas jalan kota.
Untuk diketahui, dalam pelaksanaan UN SMA sederajat Dumai 4 April lalu, dari total jumlah peserta 3.626 siswa dari 32 sekolah negeri swasta, terdapat 12 orang yang tidak mengikuti ujian utama karena dua berhalangan sakit dan 10 “drop out” alias batal.(anjas)