Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Harga Daging di Kayuagung Mulai Naik

0

KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Kenaikan harga ayam potong dan daging sapi tak harus menunggu bulan suci ramadhan. Seperti yang terjadi di Pasar Kayuagung, harga kedua bahan lauk pauk itu sudah naik meskipun bulan puasa masih sebulan lagi.

Harga perkilogram ayam potong yang ditetapkan pedagang di pasar inipun bervariasi, mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 33 ribu. Demikian juga harga daging sapi, harga perkilogramnya pada kisaran Rp 130 ribu hingga Rp 140 ribu. Dibandingkan pada sepekan sebelumnya, harga ayam potong perkilogram masih antara Rp 27 ribu hingga Rp 28 ribu dan harga daging sapi perkilogram termahal hanya Rp 120 ribu. Mendekati ramadhan, kenaikan harga ayam potong dan daging sapi dipastikan akan terus melejit naik.

Faridah (37) pedagang ayam potong pasar, Minggu (8/5/2016) mengatakan, kenaikan harga telah terjadi sejak seminggu lalu. Penyebabnya, meningkatnya permintaan ayam di pasaran. “Sehari jualan paling sedikit terjual 40 kilogram,” ujarnya.

Masih kata pedagang, jumlah itu belum termasuk ayam yang dibeli konsumen dalam kondisi masih hidup. Kenaikan juga disebabkan naiknya harga yang ditetapkan peternak ayam tempatnya berlanggananan.

Herman (55) pedagang sapi di Pasar Kayuagung, juga mengaku harga dagangannya sudah naik sejak beberapa hari lalu. Meskipun harga daging sapi naik menjadi Rp 140 ribu perkilogram dari harga sebelumnya hanya Rp 120 ribu, permintaan daging sapi juga terus meningkat.

“Inipun sudah habis dagingnya, tinggal daging yang untuk dibuat bakso saja,” ujarnya panjang lebar dalam sehari, ia menjual 1 ekor sapi yang dijual eceran kiloan. Menjelang akhir pekan, terkadang ia memotong 2 ekor sapi untuk memenuhi banyaknya pembeli.

Rina (38) ibu rumah tangga warga Kelurahan Jua-jua Kayuagung ditemui di pasar mengatakan, meningkatnya harga komodisi dan bahan lauk pauk menjadikan dirinya harus lebih selektif dalam berbelanja dan mengatur keuangan sehari-hari.

“Harga ikan laut dan ikan air tawar juga naik, hanya sayuran yang harganya murah. Tapi tidak mungkin hanya makan sayur, lauk pauk juga harus dibeli walaupun mahal,” keluhnya. (RICO)