Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Mendagri: DPRD-Pemda Jangan Egois Dalam Menyusun Anggaran

0

    Purwakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta agar seluruh lembaga DPRD dan pemerintah daerah tidak egois dalam menyusun anggaran di daerahnya masing-masing.
“DPRD jangan egois. Harus ada anggaran juga untuk kepolisian, TNI dan Kejaksaan,” katanya disela kegiatan Rembuk Nasional Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia di Purwakarta, Senin.
Ia mengatakan, dari anggaran di daerah, perlu dialokasikan anggaran berupa hibah atau bantuan untuk lembaga kepolisian dan kejaksaan serta TNI. Anggaran tersebut di antaranya untuk memenuhi kebutuhan penyuluhan hukum, dan lain-lain.

    “Ada hal yang saya cermati. Selama ini di daerah lupa mengalokasikan bantuan anggaran untuk unsur lain seperti kepolisian, kejaksaan dan TNI,” kata dia.
Mendagri menegaskan, unsur kepolisian, kejaksaan serta TNI tersebut bagian dari pemerintahan daerah.
Atas hal itu perlu diperhatikan juga dengan dialokasikan bantuan anggaran untuk unsur kepolisian, kejaksaan dan TNI.
Ia menyontohkan, unsur TNI dan Polri itu merupakan lembaga yang lengkap. Dua lembaga tersebut memiliki bidang Intelkam dan Intelijen.

    Bahkan, kata dia, meski tidak turun langsung ke dunia politik praktis, dua lembaga itu memantau perpolitikan secara baik.
Mendagri menyatakan, saat ini ada empat musuh besar bangsa Indonesia. Di antaranya ialah permasalahan kesenjangan sosial, narkoba, tindak pidana korupsi, serta radikalisme dan terorisme.
Empat musuh besar itu perlu diperhatikan bersama di tingkat daerah. Termasuk oleh kalangan legislatif di berbagai daerah.(anjas)