Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pengawas Jangan Ganggu Siswa Kerjakan UN

0

Bantul, jurnalsumatra.com- Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengharapkan pengawas Ujian Nasional jenjang sekolah menengah pertama dan sederajat jangan sampai mengganggu siswa dalam mengerjakan soal ujian tersebut.
“Rata-rata pelaksanaan UN lancar, bagus semua, saya sarankan pengawas jangan sampai mengganggu siswa dalam pengerjaan soal,” kata Bupati disela memantau pelaksanaan UN di SMP Negeri 2 Bantul, Senin.
Menurut dia, setiap ruangan atau kelas tempat pelaksanaan UN di sekolah-sekolah telah disiapkan satu sampai dua orang pengawas sehingga dengan tidak mengganggu proses ujian, siswa lebih tenang dalam mengerjkan soal UN.
“Mudah-mudahan siswa bisa mengerjakan dengan hasil maksimal, ini (UN) memang sudah berjalan, saya juga sudah perintahkan kepada para guru agar mengajak siswa belajar dengan sungguh-sungguh menghadapi UN,” katanya.
Suharsono mengatakan, sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan pada masa kepemimpinan lima tahun ke depan (2016-2021), sehingga diharap semua pihak mendukung untuk kemajuan dunia pendidikan tersebut.
“Nanti yang prestasinya bagus bisa kami bantu, dan yang jelas untuk dunia pendidikan, anggaran pada 2017 saya naikkan, semuanya sektor itu penting, tetapi saya prioritaskan kesehatan dan pendidikan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul, Totok Sudarto mengatakan, jumlah siswa yang terdaftar sebagai peserta UN SMP/MTs di Bantul pada 2016 sebanyak 12.332 siswa yang tersebar di sebanyak 105 sekolah penyelenggaran ujian.
Namun demikian, kata dia, pada hari pertama UN SMP/MTS dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat satu siswa yang tidak mengikuti ujian karena sakit, sehingga dipastikan akan mengikuti ujian susulan yang dijadwalkan selanjutnya.
“Sementara ini yang terpantau baru satu siswa dari SMP Sewon. Kemudian ada juga satu siswa yang mengerjakan ujian di rumah, karena sehabis menjalani operasi tulang belakang. Itu kami fasilitasi,” katanya.(anjas)