Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Gempa 4,0 SR Guncang Lembata

0

   Kupang, jurnalsumatra.com – Gempa bumi berkekuatan 4,0 Skala Richter mengguncang Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur,pada Senin malam pukul 21.34 Wita waktu setempat.
“Gempa tidak berpotensi tsunami, tetapi masyarakat diminta untuk tetap waspada,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, Hasanudin dalam keterangan Persnya yang diterima Antara di Kupang, Senin malam.

   Ia menjelaskan lokasi gempa berada di 8,24 Lintang Selatan (LS) dan 123.78 Bujur Timur (BT).
Ia menyatakan dari radar yang dibaca di Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang  terdata pusat gempa terjadi di 41 Kilometer Timor Laut, Pulau Lembata yang dikenal dengan tradisi menangkap ikan pausnya.
Sementara itu, terkait kedalamannya ia menyatakan gempa berkekuatan 4,0 SR itu berada di kedalaman 189 Kilometer di atas permukaan laut.

    Hasanudin menjelaskan Gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTT dikarenakan provinsi tersebut masuk dalam sistem tektonik Indonesia.
“Jadi jangan salah kalau gempa di NTT sering terjadi, baik pulau Timor, Pulau Alor, Sumba, Flores dan pulau lainnya di NTT,” tambahnya.
Masyarakat juga dimintai untuk selalu mewaspadai gempa-gempa kecil yamg terus menerus terjadi di NTT yang dikenal dengan provinsi berbasis kepulauan itu.(anjas)