Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKOT Anggap Selesai Pencaplokan Karya Foto Warga

0

Makassar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Makassar melalui Bagian Humasnya menganggap jika permasalahan karya foto milik warga dengan latar anjungan Pantai Losari yang dijadikan sampul gambar kartu pintar (Makassar Student Smart Card) dianggapnya telah selesai.
“Sudah tidak ada masalah, Pak Wali (Danny Pomanto) sudah menghubungi lansung Muhammad Hardi pemilik foto yang menjadi ‘background’ kartu pintar itu,” tegas Kabag Humas Makassar Firman Hamid Pagarra di Makassar, Selasa.
Dia menjelaskan persoalan foto yang menjadi latar belakang kartu student smart card sudah selesai setelah Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menelepon langsung pemilik karya itu.
Wali kota menggunakan cara persuasif dengan cara menelepon langsung Muhammad Hardi, pemilik foto yang dijadikan gambar latar itu.
Wali kota mengetahui hal tersebut lantaran banyaknya netizen yang mempermasalahkan hak cipta tersebut.
“Pak Wali yang berangkat ke Jakarta mengetahui perkembangan dunia maya dan banyak netizen yang mempermasalahkannya. Karenanya, Pak Wali mencari nomornya dan meneleponnya langsung. Sepulang dari Jakarta, kembali akan dilakukan pertemuan,” katanya.
Firman mengakui jika sebelum foto anjungan Pantai Losari itu dijadikan latar, tim kreatif wali kota berusaha mencari tahu siapa pemilik foto itu, namun karena tidak ada identitas lengkap, akhirnya foto tersebut digunakannya.
Meski demikian tim desain Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto tetap berusaha mencari pemiliknya namun karena terbatasnya waktu peluncuran yang direncanakan bertepatan dengan pembukaan Makassar City (MC) Expo, 8 Mei, akhirnya foto tersebut dipasang menjadi gambar latar belakang.
Tim kreatif Pemkot Makassar tidak lantas berhenti mencari tahu sang pemilik asli karya tersebut salah satu cara yang ditempuh yakni memasang foto tersebut dengan harapan pemilik foto akan lebih cepat ditemukan.
Firman juga menjelaskan jika sampel kartu pintar ini baru pada tahap prototipe dan apabila terjadi komplain dan sang pemilik keberatan jika fotonya digunakan pihak Pemkot pun masih memiliki banyak stok yang lain.
“Soal pemilihan gambar latar belakang tersebut karena Pak Wali mengaggap fotonya cukup bagus dan merepresentasikan Kota Makassar secara keseluruhan,” terangnya.
Pemilik foto, kata Firman, juga sudah tidak lagi mempersoalkan hal itu. Hardi yang dihubungi juga mengaku tidak keberatan jika hasil karyanya dipergunakan untuk kepentingan orang banyak.
“Sebenarnya pemilik foto tidak keberatan, hanya karena belum sempat komunikasi beliau (Hardi) sempat mempertanyakan. Tapi sekarang sudah clear semuanya,” ujar Firman.(anjas)