Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKOT Targetkan Program E-KTP Tuntas 2016

0

Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menargetkan perekaman program kartu tanda penduduk elektronik tuntas pada 2016, lebih cepat dari target nasional pada 2017.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram H Ridwan di Mataram, Selasa, mengatakan penerbitan e-KTP di Kota Mataram saat ini mencapai 97 persen.
“Karena itu, pada 2016 kami targetkan untuk menuntaskan perekaman e-KTP kepada warga yang belum merekam pada 2015,” katanya.
Hingga saat ini, katanya, masyarakat yang belum merekam hanya sekitar 500 orang. Jumlah itu adalah sisa warga belum merekam yang terdata pada akhir tahun 2014, dengan capain sekitar 99 persen hingga akhir 2015.
“Untuk menyasar penduduk yang belum merekam itu, kami akan melakukan sistem jemput bola dengan menyisir per kelurahan,” katanya.
Dikatakan, proses perekaman e-KTP memang tidak akan pernah berhenti, karena adanya warga yang setiap hari masuk usia 17 tahun, pindah dan menikah.
Tetapi, setelah sekitar 500 orang belum merekam itu tuntas, maka tunggakan program perekaman e-KTP sejak dicanangkan sekitar tahun 2012 akan tuntas.
“Dengan demikian, pelayanan ke depan akan fokus untuk pelayanan perekaman e-KTP secara normal, artinya hanya untuk warga yang masuk usia 17 tahun, pindah dan menikah,” ujarnya.
Atas keberhasilan capian target e-KTP sebesar 97 persen itu, belum lama ini Pemerintah Kota Mataram berhasil mendapatkan dua penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri yang merupakan pengakuan sebagai daerah yang mencatat keberhasilan di bidang administrasi kependudukan.
Dua penghargaan itu adalah sertifikat ISO 9001:2008 dan piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri kepada Pemerintah Kota Mataram atas komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan KTP elektronik.
Menurutnya, penghargaan sertifikat ISO 9001:2008 bermakna menerapkan standar yang diakui secara internasional, yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu.
“Itu berarti pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan pemerintah kota dinyatakan telah mencapai standar kualitas yang berlaku secara internasional dan memenuhi persyaratan mendapatkan sertifikat standar manajemen mutu dari penilaian komite akreditasi nasional,” sebutnya.
Sedangkan penghargaan berupa piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Pemerintah Kota Mataram terkait komitmen dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pelayanan penerapan KTP elektronik atau e-KTP.
“Piagam ini diberikan atas tercapainya target nasional perekaman dan pencatatan e-KTP sesuai jumlah wajib KTP yang telah ditetapkan untuk Kota Mataram,” kata Ridwan.(anjas)