Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Empat Negara Lirik Potensi SDA Lahat

0

Lahat, jurnalsumatra.com – Lahat yang cukup dikenal kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) nya, ternyata Lahat menjadikan lirikan bagi Negara luar. Saat ini, angin segar mulai menyelimuti Bumi Seganti Setungguan pasca diraihnya Grand Altis dari presiden RI Jokowidodo dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), tarap International Trade Investement Summit b2016 di Jakarta International Convention Centre (JICC) beberapan waktu lalu.

Sehingga, menjadikan Lahat yang dulunya dikenal Kota Pelajar ini, mulai dilirik oleh Inveator dari empat Negara diantaranya, Cina, Korea, Jerman, dan Belanda berminat melakukan Investasi pasca melihat sektor Pertambangan, Geothermal dan PLTMH yang ditampilkan dalam even tersebut.

“Untuk pertama kali Kabupaten Lahat mengikuti  kegiatan ini, dan mendapatkan penghargaan Grand AITIS 2016 dari Presiden Ir H Joko Widodo. Tujuan pameran ini, memamerkan potensi unggulan daerah masing-masing peserta,”ujar Kepala Bappeda Kabupaten Lahat Drs Masroni,MM.

Menurut Masroni, ada beberapa item yang diikuti Kabupaten Lahat. Antara lain sektor pertambangan yang kita tampilkan PLTU Mulut tambang, kedua geothermal, ketiga pembangkit  listrik tenaga  mikro hidro PLTMH), sektor pariwisata, Kehutanan dan perkebunan, pariwisata dan UMKM.

“Investasi yang ditawarkan untuk karet mengolah bahan baku karet menjadi bahan jadi atau setengah jadi. Ada pendirian pabrik karet. Untuk kopi, menghimpun, membina petani kita menajadikan kopi Lahat  berskala ekspor,”imbuhnya.

Ia mengatakan, UMKM sendiri yang ditawarkan kegiatan hilir mengacu pada pengembangan kopi organik di Gumay Ulu, Desa Sumber Karya. Yang sekarang sudah berjalan di desa Sumber Karya. Saat ini sudah ada investor yang  meminta informasi, seluruh sektor, dominan mereka meminta terkait dengan PLTMH mengingat perlu dikembangkan tenaga listrik ramah lingkungan.

“Investor yang banyak bertanya dari Cina, Korea,  Jerman dan Belanda. Ada juga beberapa investor  dari indonesia dan mudah-mudahan niat mereka melakukan investasi benar-benar terjadi,”jelasnya.

Selain itu, salah satu contoh tentang menjadi promosi  yang dilakukan Lahat mengikuti event pariwisata, karena masih banyak yang dikembangkan. Dalam Pameran HUT Lahat sendiri nanti ada Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) yang menampilkan potensi daerah Lahat.

“Yang jelas, semua ini tidak lepas dari ajang promosi yang mendukung Lahat jelas kita Ikuti. Kerjasama masing-masing SKPD dan pihak terkait saling mendukung dalam even AITIS yang  diikuti 360-an Kabupaten se-Indonesia,” ungkap Masroni. (Din)