Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


WAGUB SUMSEL Minta Kades Bangun Jalan Desa

0

Palembang, jurnalsumatra.com -  Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki minta kepada kepala desa untuk membangun akses jalan menuju desa supaya perekonomian semakin berkembang.
Saat ini masih banyak desa belum memiliki jalan menuju desa yang layak sehingga perekonomian sulit untuk berkembang, kata Wabub saat rapat koordinasi tentang rencana strategis 2016 di Palembang, Kamis.
Menurut Ishak, jalan darat tersebut bisa saja dibangun dengan menggunakan dana desa dan memang anggarannya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur.
Dengan adanya akses jalan menuju desa yang baik termasuk pada sentra petani, maka hasil dari desa dapat dipasarkan sehingga masyarakat menjadi sejahtera, ujar dia.
Memang, menurut Wagub, Sumsel kaya akan sumber daya alam termasuk hasil pertanian.
Hal ini karena Sumsel terdapat perkebunan yang cukup luas, seperti karet, kopi, dan jagung, namun petaninya masih banyak belum sejahtera.
Menurut dia, kesemua itu antara lain disebabkan masih ada desa yang akses untuk memasarkan hasil pertanian dan perkebunan belum didukung jalan lebih baik.
Sehubungan itu diharapkan jalan menuju desa dan akses pada sentra ekonomi petani semakin lancar sehingga itu perlu dibangun termasuk menggunakan dana desa.
Yang jelas, pihaknya mengharapkan agar daerah ini masyarakatnya semakin sejahtera dan penduduk miskinnya semakin berkurang, ujar dia.
Apalagi Sumsel surplus akan beras dan itu perlu dipikirkan dengan melengkapi fasilitas pendukung, seperti adanya jalan yang memadai, tambah dia.(anjas)