Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


US SD Jayapura Ditunda Karena Libur Fakultatif

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Jadwal Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (SD) di Kota Jayapura, Provinsi Papua, diundur karena adanya libur fakultatif Papua, yaitu hari Pentakosta Kedua pada 16 Mei 2016.
“Berhubung pada 16 Mei untuk wilayah Papua bertepatan dengan hari Pentakosta Kedua dan diliburkan secara fakultatif, maka untuk pelaksanaan US SD hari pertama, Senin 16 Mei, diundur ke tanggal 19,” ujar Kepala Dinas Pendidikan kota Jayapura I Wayan Mudiyasa, di Jayapura, Jumat.
“Sementara jadwal untuk hari selasa 17 dan rabu 18, jadwalnya tetap. Tidak merubah jadwal, yang diundur cuma jadwal hari pertama saja, itu dipindahkan ke hari Kamis tanggal 19,” sambungnya.
Namun ia memastikan bahwa tahapan persiapan tetap akan dilakukan seperti biasa, namun pendistribusian soalnya akan disesuaikan dengan hari libur tersebut.
“Distribusi soal dimulai Sabtu sesuai SOP, sehingga besok harus disortir dulu, apakah ada kekurangan soal dan sebagainya, jika soal sudah pas, kita distribusikan ke 12 gugus yang ada di Kota Jayapura,” kata Wayan.
Ia pun mengimbau kepada orangtua murid bahwa dalam pelaksanaan US harus mendampingi anak-anak agar mereka mendapat nilai yang bagus dan mendapat “output” yang luar biasa.
“Karena fungsi ujian sekolah untuk menentukan, atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,  kasihan kan kalau nilainya jelek, anak-anak tidak bisa bersaing untuk mandapatkan sekolah yang mempunyai kualitas bagus di jenjang berikutnya,” ujarnya lagi.
Sebagai informasi, total sekolah tingkat SD di Kota Jayapura yang ikut ujian sekolah 92 sekolah dari 103 sekolah, sementara jumlah peserta ujian adalah 5.300 siswa.(anjas)