Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bayi Kelahiran Bojonegoro Diserahkan Panti Surabaya

0

     Bojonegoro, jurnalsumatra.com – Seorang bayi laki-laki yang lahir dari seorang perempuan asal Desa Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Wainem (36) di Rumah Sakit (RS) Wahyu Tutuko diserahkan ke Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah di Medokan Ayu, Surabaya.
Ketua PKK Desa Ngambon, Kecamatan Ngambon, Erni Sutopo di Bojonegoro, Sabtu menjelaskan bayi yang lahir dengan operasi sesar dua hari lalu itu diserahkan kepada panti karena ibunya terganggu ingatannya.
Bahkan, ia menyebut Wainem merupakan korban perkosaan karena di rumahnya hanya hidup sendiri dalam kondisi terganggu ingatannya.

     “Kami belum tahu pelaku yang menghamili Wainem,” ucap Erni, didampingi sejumlah warga Desa Ngambon, Kecamatan Ngambon.
Ia yang didampingi dokter Puskesmas Ngambon, Frida menjelaskan Wainem dibawa ibu-ibu PKK di desanya ke RS Wahyu Tutuko karena akan melahirkan, Rabu (11/5).
Ibu-ibu PKK sudah mengetahui Wainem hamil berdasarkan pemeriksaan bidan.
“Wainem harus menjalani proses persalinan dengan operasi sesar, karena tidak kooperatif,” jelas dr Frida menambahkan.
Sesuai data di RS setempat bahwa bayi laki-laki itu ketika lahir panjangnya 42 centimeter dengan berat 2,5 kilogram.

     “Bayi laki-laki ini lahir dalam kondisi sehat, tapi ubun-ubunnya masih terbuka, sehingga masih memerlukan perawatan,” jelas dr Sari, dari Puskesmas Ngambon menambahkan.
Ketua Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Medokan Ayu Surabaya Suprapto bersedia menerima bayi laki-laki itu karena di pantinya, selama ini memang menerima dan merawat anak asuh balita.
Pihaknya, dihubungi Ketua Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro Abdul Wachid, terkait kelahiran bayi itu, sebab Panti Bojonegoro belum terbiasa merawat anak asuh balita.

     “Panti Medokan Ayu menerima anak asuh balita sejak 2013. Di panti kami sekarang ada 12 anak asuh balita,” ucapnya.
Penyerahan bayi bayi laki-laki itu juga diketahui wakil keluarga bayi yaitu Cicik Tarliyah dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Peningkatan Kesejahteraan Sosial Disnakertransos  Dwi Harningsih.
Selain itu, juga disaksikan Pekerja Sosial Perlindungan Anak dan Pendamping Panti dari Kementerian Sosial yang ditempatkan di Disnakertransos Bojonegoro  Haz Khoirunisa.(anjas)