Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pagaralam Siap Gabung Sumsel Barat Bila Jadi Ibukota

0
Pagaralam Siap  Gabung Sumsel Barat Bila Jadi  Ibukota

Pagaralam Siap Gabung Sumsel Barat Bila Jadi Ibukota

Pagaralam, jurnalsumatra.com – Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati M Kes, mengatakan pemerintah kota Pagaralam siap mendukung  pembentukan daerah pemekaran Sumatera Selatan Barat  (Sumsel Barat), yang terdiri dari 6 daerah, asal pusat pemerintah provinsi berada di Kota Pagaralam. Hal ini diungkapkan Walikota Ida Fitriati didampingi Sekda Drs H Syafrudin Msi, Senin (16/5).

Menurut dia, wacana pembentukan provinsi baru yang memisahkan diri dari Sumatera Selatan (Sumsel), memang cukup tepat dengan kondisi penduduk sudah mencapai 9 juta dengan wilayah cukup luas. “Kita mendukung provinsi baru asal Kota Pagaralam dikadikan ibu kota provinsi dan kita juga sudah siap jadi ibu kota provinsi,” ujar dia.

Dikatakannya, selain lahan masih luas dan fasilitas pendukung lain juga sudah ada di Kota Pagaralam termasuk bandara. “Kita ingin pusat ibu kota provinsi di Kota Pagaralam, agar beberapa daerah cepat berkembang, sementara Kota Lubuk Linggau sendiri sudah maju pesat,” ungkap dia.

Ida mengatakan, kalau posisi ibu kota berada di Linggau tentunya daerah Empat Lawang, Lahat dan Kota Pagaralam, juga akan lamban pertubuhannya. “Tentunya yang lebih tepat  Kota Pagaralam,  di jadikan  pusat ibu kota provinsi, sedangkan Kota Lubuk Linggau dijadikan pusat perekonomian provinsi baru karena daerahnya sudah maju dan jalur lintas,” ungkap dia.

Sementara itu Ketua Presidium pembentukan Sumsel Barat Wahisum Wais Wahid mengatakan, baru Kota Pagaralam, yang berani mengajukan dan siap menjadi ibu kota provinsi. “Kami sangat bersyukur jika Kota Pagaralam, siap mendukung terbentuknya Sumsel Barat, termasuk satu-satunya daerah yang mengajukan untuk ibu kota provinsi,” kata dia.

Dia mengatakan, pemekaran tuntutan dan peluang, dan sudah  masuk daftar kementrian sejumlah daerah seperti Aceh Lauser, Sumsel Barat, Sumut Tengah dan beberapa daerah lainya. “Paragaralam siap jadi ibu kota provinsi, dan merupakan apresiasi cukup tinggi, termasuk dukungan dan  permintaan masyarakat di beberapa daerah yang tergabung di Sumsel Barat ini,” ungkapnya.” Kami dari presidium juga akan bersilaturhami dengan seluruh  kepala daerah, termasuk minta  persetujuan DPR setempat,” ujar dia.

Lanjut dia, harus ada dukungan pemerintah pemerintah di 6 daerah, karena syaratnya yaitu ada dukungan  usulan kepala daerah, DPR dan masyarakat, baru persetujugan kepada pemerintah pusat melalui Pemprov Sumsel,” ujarnya. (Asa)