DPRD Minta Pemkot Maksimalkan Pelayanan Satu Pintu

0

     Kendari, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi II Dewan perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Laode Ali Akbar meminta Pemkot Kendari maksimalkan sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).
“Pengurusan semua perizinan harus mudah, murah dan tidak berbelit serta satu pintu. Tujuannya dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” kata Ali Akbar di Kendari, Senin.
Ia mengatakan, pemerintah harus fokus mewujudkan sistem pelayanan tersebut yang tidak hanya akan memudahkan pelayanan perizinan terhadap publik.

    “Namun daerah bisa memanfaatkannya sebagai peluang-peluang konkrit dalam mengembangkan program investasi,” katanya.
Ali Akbar juga meminta kepada petugas perizinan agar lebih aktif dan responsif karena saat ini keinginan masyarakat untuk mengurus izin sangat tinggi untuk berbagai keperluan usaha.
“Berdasarkan konsep PTSP masyarakat tidak perlu mondar-mandir dalam pengurusan surat izin, karena sudah diberikan berbagai kemudahan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.

    Bahkan lanjutnya, cukup masukkan berkasnya, dalam waktu sembilan hari kerja surat izinnya sudah bisa diproses penyelesaian.
“Pelayanan seperti ini harus dipertahankan dan ditingkatkan guna memberikan pelayanan bagi masyarakat. Hal ini juga dilakukan agar lebih mengefisienkan waktu dan tenaga, serta biaya yang dikeluarkan,” katanya.(anjas)