Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMPROV Papua Dorong Pengkajian Ulang RTRW Pertahanan

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong pengkajian ulang dan pengaturan kembali kedudukan wilayah pertahanan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah diperdakan.
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Kamis, mengatakan selain itu juga diperlukan sinkronisasi dalam penyusunan pedoman Rencana Wilayah Perkotaan (RWP) dan Rencana Rinci Wilayah Perkotaan (RRWP) yang dibuatkan oleh Kementerian Pertahanan.
“Peran pemerintah daerah penting dalam mendukung kebijakan pertahanan negara sehingga perlu pemahaman tentang pembangunan postur pertahanan negara menuju kekuatan maritim regional,” katanya.
Elia menjelaskan hal itu diprioritaskan pada peningkatan peran kementerian atau lembaga dalam menghadapi ancaman dan kemampuan pengelolaan sumber daya nasional serta sarana prasarana yang dimiliki guna mendukung kepentingan pertahanan negara.
Kementerian Pertahanan (Kemhan) berencana membangun gedung Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (DPPKP) di Provinsi Papua yang diagendakan pada 2017.
Kepala Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan Provinsi Papua Brigjen Andreas Pong Bija, mengatakan untuk pembangunan gedung tersebut, pihaknya sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah.
“Untuk membangun kantor, sangat diharapkan Pemprov Papua bisa menghibahkan tanah, tetapi dari hasil pertemuan dengan sekda setempat, pemda sendiri kesulitan untuk mencari lahan,” katanya.
Menurut Brigjen Andreas, Kemhan tidak bisa membeli tanah, instruksi Presiden Jokowi tidak diperbolehkan membeli tanah, sehingga jika ada pemda atau milik TNI, sebaiknya dihibahkan untuk pembangunan kantor baru.(anjas)