Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pendidikan Karakter Siswa Harus Dasar

0

Palembang, jurnalsumatra.com – DPD RI meminta, pendidikan lebih maksimal memperhatikan pembentukan karakter bangsa, yang harus dimulai sejak dini dibangku sekolah dasar.

Hal itu dikatakan anggota DPD RI asal SUmsel, Abdul Aziz kepada wartawan kemarin di Palembang. Menurut Aziz, pelaksanan  melaksanakan ujian nasional SD yang berakhir Jumat, (20/5),  sebenarnya merupakan formalitas dari kegiatan belajar-mengajar selama enam tahun. “UN hanya formalitas yang merupakan hasil dari kegiatan belajar-mengajar selama enam tahun. Yang paling penting itu, apakah selama hal itu berlangsung telah tercapai pembentukan karakter dasar bagi anak-anak tersebut,”ujar Aziz.

Dia mengungkapkan, pembentukan karakter sejak dini sangat penting dalam memberi warna para generasi akan datang, mengenai pemahaman dasar ideologi dan akhlak. “UN setidaknya merupakan formalitas hasil belajar untuk memndapatkan skor pemahamanan selama belajar-mengajar. Namun arti pentingnya, warna karakteristik para siswa sudah tertanam dan dapat teraplikasi dalam kehidupannya yang akan datang,”kata dia.

Pola pembentukan karakter bangsa itu, tambah Aziz, harus ditunjang dengan kedisiplinan, sikap, dan akhlak para siswa melalui proses yang berlangsung di kelas, atau diluar kelas. “Memang harus ada tolok ukurnya, karena itu penilaian UN seharusnya bukan hanya nilai tertinggi saja,”tambah dia.(eka)