Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Makna Kebangkitan Nasional Wujud Mandiri

0

     Tabanan, jurnalsumatra.com – Makna kebangkitan nasional harus diisi dengan mewujudkan bangsa Indonesia yang  bekerja nyata, mandiri dan berkarakter sehingga apapun bentuk tantangan akan mampu diatasi dengan baik.
Bupati Tabanan, Bali Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan hal itu ketika memimpin apel peringatan ke-108 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lapangan Alit Saputa Tabanan, Jumat.
Ia mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara demokrasi berlandaskan  ideologi Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di  tengah masyarakat.

     “Komitmen terhadap NKRI ini penting saya tegaskan kembali pada  upacara peringatan ke-108 Harkitnas, mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai  bangsa, ancaman dan tantangan terhadap keutuhan NKRI tidak surut selangkah pun,”  ujar Bupati Eka.
Ia memaparkan,   bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi permasalahan, dengan munculnya beberapa kasus kekerasan dan pornografi yang menimpa generasi yang masih sangat belia.
“Keadaan bangsa kita saat ini sungguh memprihatinkan. Beberapa kasus  kekerasan terhadap anak yang terjadi belakangan ini mengingatkan kita agar lebih  waspada dan mawas diri, ikut peduli dan memberi perlindungan kepada generasi kita,” kata Bupati Eka.

     Menurut Bupati Eka Proklamator dan Presiden pertama RI, IR Soekarno pernah menekankan  tentang pentingnya membangun karakter bangsa. “Menurut bapak bangsa kita, yakni  bapak IR Soekarno, membangun suatu negara, membangun ekonomi, teknik dan pertahanan pada awalnya dimulai dari membangun jiwa bangsa. Keahlian memang diperlukan, namun keahlian tanpa dilandasi jiwa besar tidak akan dapat mencapai tujuan,” ujar Bupati Eka.
Pihaknya  yakin jika  konsisten, jalan kemandirian  akan membawa bangsa  untuk bangkit lagi menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional.
Kegiatan apel yang dirangkaikan dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah  dimeriahkan dengan penampilan Teater Jineng Smasta yang membawakan Fragmentari berjudul “Harmoni Serasi Nusantara”.
Kegiatan tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Tabanan Komang Gede  Sanjaya, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan Ketut Suryadi, unsur Muspida serta dan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Tabanan.(anjas)