Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


SDN 04 Kurangi Terima Murid Baru

0

Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Sekolah Dasar Negeri 04 Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengurangi jumlah murid yang akan diterima tahun ajaran 2016/2017.
“Jumlah murid yang akan diterima 2016 berkurang satu lokal dari biasanya dua lokal, karena keterbatasan lokal,” kata Kepala SDN 04 Padang Panjang, Ernita di Padang Panjang, Senin.
Sekolah yang menjadi incaran bagi para murid di Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar bagaian barat tersebut memiliki 11 lokal dengan rata-rata jumlah murid 28 sampai 32 orang perlokal.
“2016 kami meluluskan kelas enam satu lokal. Atas dasar itu juga kami menerima murid kelas satu tahun ini satu lokal,” ujarnya.
Jumlah murid yang akan diterima satu lokal itu palin banyak 32 orang dan paling sedikit 28 orang. “Dari jumlah itu biasanya sebanyak 5 persen dari jumlah murid warga luar Padang Panjang,” sebutnya.
Untuk penerimaan murid baru tahun ini, jelasnya direncanakan 20 sampai 24 Juni 2016 setelah penerimaan rapor kenaikan kelas murid kelas 1 sampai kelas 5.
“Untuk syaratnya sama seperti tahun sebelumnya seperti anak berusia 7 tahun, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, akte kelahiran anak dan ijazah TK anak,” katanya.
Dinas Pendidikan Padang Panjang, akan menerima peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 bagi sekolah dari berbagai tingkatan dengan sistem manual.
Kepala Dinas Pendidikan Padang, Panjang Desmon menerangkan penerimaan secara manual itu dilakukan mengingat tidak adanya fasilitas penerimaan murid baru dengan sistem daring (online) dari pemerintah pusat.
“Bisanya pemerintah pusat memfasilitasi sistem penerimaan murid baru dengan ‘online’, namun sekarang tidak lagi,” ujarnya.
Sistem penerimaan murid baru baik secara daring maupun manual sama-sama ada keuntungannya, namun dalam menetapkan sesuatu harus ada instruksi dari yang lebih tinggi.
“Ini sudah merupakan intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” katanya.
Salah seorang masyarakat Padang Panjang, Yunengsih memaklumi pengurangan penerimaan murid baru di salah satu SDN favorit yang ada di daerah itu.
“Mudah-mudahan tahun depan SDN 04 Padang Panjang bisa menerima murid dua lokal kembali, sehingga keinginan masyarakat bisa terpenuhi,” ujarnya.(anjas)