KKP Akan Bantu 23 Kapal Sabang

0

Sabang, Aceh, jurnalsumatra.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menyalurkan bantuan sebanyak 23 unit kapal penangkap ikan untuk nelayan Sabang, Provinsi Aceh,  pada tahun anggaran 2016.
Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam di Sabang, Sabtu, mengatakan  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkunjung ke Pulau Weh, Sabang, pada 2015 dan menyaksikan langsung potensi laut wilayah paling ujung barat Sumatera.
“Walaupun nelayan masih menggunakan tangkapan tradisional tapi hasilnya juga melimpah, kami mengharapkan bantuan kapal dari KKP itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan,” harapnya.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Sabang Effendi juga membenarkan KKP sudah menjanjikan bantuan kapal untuk Sabang dan direncanakan pertengahan 2016 akan diterima  langsung oleh masyarakat nelayan.
“Sekarang kapal  yang digunakan nelayan Sabang rata-rata berkapasitas 3 gross tonnage (GT) dan kapal bantuan KKP katanya berkapasitas 16 gross tonnage (GT),” Jelas Effendi.
Ia berharap bantuan tersebut dapat segera disalurkan dan masyarakat nelayan sudah menanti bantuan itu.
Dia juga menambahkan, kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti telah memberikan dampak positif bagi masyarakat nelayan yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil tangkapan.
“Jarak melaut nelayan dari lepas pantai sekarang mencapai 20 mil hasil tangkapannya pun sangat terbatas, tapi setelah Ibu Susi memberantas illegal fishing tangkapan nelayan berangsur meningkat,” katanya.(anjas)