Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Menteri Agrraria tertarik kembangkan aplikasi komputer “Sipewar”

0

Bengkulu, jurnalsumatra.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan tertarik mengembangkan aplikasi komputer berupa Sistem Informasi Pencarian Warkah atau Sipewar agar bisa digunakan Badan Pertanahan Nasional se-Indonesia.

Menteri Ferry Mursyidan Baldan, di Bengkulu, Jumat, mengatakan Sipewar merupakan karya yang telah dibuat dan digunakan BPN Kota Bengkulu.

“Saya tertarik dengan apa yang telah dibangun BPN Kota Bengkulu, oleh karena itu saya kemari dan meluncurkan Sipewar ini,” kata dia.

Saat ini Sipewar masih memanfaatkan dukungan aplikasi Microsoft Accsess, Sipewar masih dalam bentuk aplikasi sederhana yang dipergunakan untuk mengelola dokumen fisik sejarah hak tanah atau warkah milik masyarakat yang ada di BPN.

“Kita bisa kembangkan sebagai sebuah sistem nantinya,” kata dia lagi.

Warkah merupakan dokumen fisik sejarah hak tanah, jumlah warkah setiap daerah sangat banyak sekali, sehingga saat pengurusan sertifikasi tanah akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika tidak menggunakan teknologi digital.

Dengan aplikasi tersebut, petugas BPN dapat mengakses cepat dokumen penting untuk menerbitkan sertifikat karena Sipewar akan memberikan data informasi warkah, seperti, pemilik, lokasi tanah, sejarah tanah, lokasi penyimpanan dokumen fisik yang berada di BPN, serta dokumen hasil pindai ke perangkat komputer.

“Saya berhutang memberangkatkan anda ke luar negeri, ini bentuk apresiasi kita kepada anda yang telah menciptakan inovasi dan terobosan,” kata Ferry ke pada pegawainya di BPN Kota Bengkulu.

Menurut dia, aplikasi komputer yang telah dibangun oleh BPN Kota Bengkulu itu merupakan bentuk etos kerja yang memberikan semangat kemudahan dalam pelayanan pengurusan legalitas hak atas tanah.(anjas)