Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


9 Rumah Warga Pagaralam Hangus Dilalap Sijago Merah

0
kebakaran

9 Rumah Warga Pagaralam Hangus Dilalap Sijago Merah

Pagaralam, jurnalsumatra.com -  Sekitar 9 unit bangunan rumah dan  pertokoan di RT 12 RW 05 Kelurahan Besemah Serasan,  Kecamatan Pagaralam Selatan, hangus di lalap si jago merah, Selasa (31/5) sekitar pukul 02.30 WIB.

Diduga api yang menghanguskan rumah dan bangunan toko terbuat dari kayu dan bangunan permanen, itu berasal dari toko diduga penjual makanan, kemudian langsung menjalar ke bangunan lain yang justru dalam posisi berbaris dan berdempetan.

Sekitan 30 menit kejadian baru datangan petugas PBK dan ramainya warga yang datang menonton menghambat proses pemadaman.

Selain menghanguskan sembilan rumah dan toko juga sebagisn besar harta benda termasuk barang dagangan hangus.

Setelah sekitar satu jam  petugas BPK dibantu polisi, petugas kecamatan, dan masyarakat setempat berjibaku padamkan api  akhirnya api dapat di padamkan.

Ketua RT 16 RW 05 Suranto didampingi Ketua RW 05 Bambang mengatakan,  peristiwa itu terjadi pukul 02.15 WIB ada rumah yang terbakar, adapun rumah yang terbakar yaitu  milik Obet, Efendi, Salim, dan  Mulyadi,

Kemudian, Epan, Yuan Sidik dan  Ujang Suwardi, semua posisi rumah bedempetan sehingga mudah membuat api menjalar.

“Untuk penyebab kebakaran belum bisa diketahui debgsn jelas, namun diduga oleh arus pendek listrik atau bisa jadi berasal dari gas,” ujar dia.

Kapolres  Kota Pagaralam AKBP Hendra Gunawan didampingi  Kapolsek Pagaralam Selatan Iptu Subra didamping Camat Pagaralam Selatan M Helmi mengatakan, kebakaran terjadi setelah api muncul dari salah satu rumah penjual makanan, kondisi bangunan yang banyak terbuat dari kayu sehingga api cukup cepat menjalan ke bangunan lainnya.

“Kebakartan terjadi sekitar jam 02.17 Wib, di RT  16 RW 05 Kelurahan Besemah Serasan,  7 rumah dan 2 bedeng,” ujarnya.

Kemudian asal api diduga dari  rumah   Salim uang langsung membesar kemudian  merambat drngsn cepat ke bangunan lainya. Kerugian blm dapat diperkirakan. TKP sudah di pasang Police Line untuk penyidikan. Baru melakukan pendataan jumlah bangunan, terbakar dan rusak akibat kebakaran di depan Kantor BRI,,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa dan sementara sumber api juga belum bisa di pastikan kemungkinan dugaan sementara arus pendek listrik.

“Kita belum bisa memastikan asal api dan bangunan yang menjadi permulaan api muncul, namun karena BPK terlambat saja yang menyebabkan bangunan banyak habis terbakar,” ungkap dia.

Ia mengatakan, kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta. Sementara itu Kepala BPBD Herawadi, Herdensi Kabid Pencegahan dan Kesiapan Siaga PBK, mengatakan ada sekitar empat unit mobil PBK dikerahkan untuk memadamkan api.

“Kita kesulitan memadamkan api akrena lokasi kebakaran sudah dipenuhi warga yang ingin menonton dan bangunan sebagian terbuat dari kayu sehingga cepat menjalar,” ungkap dia.

Belum bisa dipastikan penyebab kebakaran, asal api dan termasuk jumlah kerugian akibat peristiwa ini, lanjutnya.

“Kami masih melakukan pendataan dan melakukan identifikasi terhadap bangunan yang terbakar,” ujarnya. ( VAN)