Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


AL Tahan Warga Filipina Di Laut Tahuna

0

    Sangihe, jurnalsumatra.com – Puluhan warga negara Filipina saat ini menjadi tahanan pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.
“Pihak TNI Saat ini sedang menahan puluhan warga negara Filipina yang ditangkap saat melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia tanpa dokumen yang sah,” kata Perwira pelaksana Lanal Tahuna Mayor Laut Sutarto Wilson di Tahuna, Jumat.
Menurutnya, selain nelayan yang berkebangsaan Filipina, pihak TNI Tahuna juga menahan nelayan Tahuna yang didapati tidak mengantongi ijin saat melakukan penangkapan ikan.
“Tidak hanya nelayan Filipina, kami juga menahan 9 nelayan asal Tidore Tahuna yang kedapatan tidak memiliki ijin saat menangkap ikan,” kata dia.
Ia mengakui pengurusan ijin bagi kapal penangkap ikan tidak mudah, karena harus ke Manado dan Bitung sementara kapal dan para pekerjanya ada di Sangihe.

    “Kami menyadari tidak muda mendapatkan ijin untuk menangkap ikan, namun demi menegahkan hukum, maka setiap pelanggar hukum harus ditindak,” ungkapnya.
Ia mengatakan hukum harus ditegahkan di negara Indonesia, agar semua patuh terhadap hukum yang berlaku.
Ia menghimbau semua pengusaha kapal ikan hendaknya melengkapi semua dokumen sebelum melakukan penangkapan ikan.
“Kami berharap semua pemilik kapal ikan dapat melengkapi dokumen yang dibutuhkan agar tidak terhambat saat melakukan penangkapan ikan,” kata dia.(anjas)