Pemprov Papua-OJK Bentuk TPKAD Pantau Investasi Daerah

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setempat tengah mengkaji pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) untuk memantau akses keuangan dan investasi daerah di wilayahnya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen di Jayapura, Jumat, mengatakan pembentukan TPKAD ini juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Bumi Cenderawasih.
“Tim tersebut bertugas mendorong serta memantau akses keuangan daerah agar berjalan baik, sekaligus mengajak masyarakat Papua untuk mulai berinvestasi,” katanya.

    Menurut Hery, nantinya pihaknya akan mengundang semua komponen terkait untuk mendengar pemaparan dari OJK pada 8 Juni 2016 sekaligus menyiapkan draft keputusan gubernur untuk ditetapkan pelantikannya.
Senada dengan Sekda Provinsi Papua, Kepala Kantor OJK Papua dan Papua Barat Misran Pasaribu mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi respon pemprov setempat yang mendorong percepatan pembentukan tim tersebut.
“Pasalnya, keberadaannya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapat akses layanan produk maupun jasa keuangan,” katanya.
Misran menjelaskan keberadaan tim ini juga dilatarbelakangi oleh literasi dan inklusi keuangan di Indonesia yang umumnya masih relatif rendah.
“Di mana literasi tingkat nasional masih cukup rendah, yaitu 21 persen kemudian inklusi 59 persen,” ujarnya.(anjas)