Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kemenag Riau Pantau Hilal Di Pulau Rupat

0

Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menurunkan tim pemantau bulan baru atau hilal sebagai penetapan awal 1 Ramadan 1437 Hijriah tahun 2016 di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.
“Untuk tahun ini, kita pantau hilal di Desa Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara Pulau Rupat. Kegiatan itu akan dilakukan besok atau Ahad (5/6),” kata Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau Mahyudin di Pekanbaru, Sabtu.
Dia mengatakan lazimnya dalam melaksanakan pemantauan hilal di daerah tersebut dilakukan dengan menggunakan alat bantu teleskop atau teropong dan berada pada gedung yang tinggi seperti tahun lalu di Gedung Surya Dumai Kota Pekanbaru.
Namun pada tahun 2016, pihaknya menginginkan melakukan dengan sesempurna mungkin karena pada dasarnya proses rukyatul hilal memang lebih baik dilakukan dari tepi laut.
Tim Kemenag Riau terdiri ormas-ormas Islam diantaranya Majelis Ulama Indonesia, Muhamadiyah, Nahdatul Ulama dan Pengadilan Agama akan melaksanakan pemantauan hilal dari pinggir laut Pulau Rupat pada hari sore hari atau saat tenggelamnya matahari.
“Tim kita berangkat ke Pulau Rupat hari ini, sedangkan sidang Isbat penentuan awal Ramadan pada Ahad sore dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Mahyudin mengatakan jika terlihat pada Ahad petang, maka bisa dipastikan puasa akan dilaksanakan pada besok harinya.
Tetapi jika tidak ada satupun yang melihat hilal, maka bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari atau puasanya baru dilaksanakan Selasa (7/6).
“Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi perbedaan penetapan puasa. Karena saudara kita dari ormas Muhammadiyah, telah tetapkan puasa mulai awal pekan depan,” terangnya.
Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan awal bulan puasa atau 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016 mendatang.
Penetapan tersebut berdasarkan hasil hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada Senin Pahing 6 Juni 2016,” ujar Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Umar Fatkhurrohman.(anjas)