Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PSAR Sultra Bina 90 Anak Kurang Mampu

0

    Kendari, jurnalsumatra.com – Kantor Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Anak dan Remaja (PSAR) Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini membina sedikitnya 90 orang anak kurang mampu atau bermasalah dari berbagai latar belakang keluarga dan lingkungan.
Kepala UPTD PSAR Dinas Sosial Provinsi Sultra Ratna Sinyo di Kendari, Sabtu,  mengatakan dari 90 orang anak kurang mampu itu sebanyak 60 orang anak disekolahkan di SD, SLTP dan SLTA/SMK.
Sedangkan 30 orang lainnya adalah warga yang juga dari latar belakang tidak mampu namun usianya sudah dewasa sehingga diikutkan kursus dari beberapa jurusan yang disediakan dalam panti seperti pertukangan kayu, tata rias salon dan kursu penjahitan selama 3-6 bulan.
Ia mengatakan anak-anak yang dibina PSAR itu berasal dari 12 kabupaten di Sultra (belum termasuk lima kabupaten baru) dan dari berbagai latar belakang keluarga.
Beberapa anak berasal dari keluarga bermasalah sehingga anak-anaknya tidak terurus dari segi nafkah maupun batin.

    “Ada juga dari keluarga kurang mampu, yakni anak-anak yatim piatu yang tidak lagi menyekolahkan anaknya,” katanya.
Khusus bagi anak yang dibina dengan berbagai keterampilan, setelah dinyatakan lulus dan memegang sertifikat kursus, maka wajib dikembalikan kepada keluaraganya untuk berusaha dan berkarya sesuai dengan keterampilan yang digelutinya.
Menurut Ratna Sinyo yang didampingi Hj Andriarti, mereka yang dibina di dalam panti itu datang dari berbagai kabupaten kota di Sultra seperti Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Buton, Muna, Bombana dan Kota Baubau, setelah mendapat rekomendasi terkait kedudukan dan status anak tersebut.
“Artinya, di UPTD PSAR Kendari ini, tidak serta merta langsung menerima para anak bermasalah ini, tetapi sudah melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat dari daerah masing-masing,” katanya.(anjas)