PEMKAB Gorontalo Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

0

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Gorontalo memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dengan melakukan penanaman bibit bambu kuning di pinggiran Sungai Alo kawasan cagar alam Tangale Desa Labanu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Minggu.
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, penanaman bibit bambu kuning tersebut merupakan salah satu bentuk wujud komitmen
pemerintah daerah setempat untuk melestarikan lingkungan.
“Masih banyak yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, kita yang menanam, untuk kita pula hasilnya,” ujar Bupati Nelson pula.
Menurutnya, semua pihak bertanggungjawab dan harus saling membantu dalam hal perlindungan dan pelestarian lingkungan, dimulai dari lingkungan sekitar.
“Saat ini kerusakan lingkungan menjadi faktor utama terjadi bencana alam dimana-mana seperti banjir dan tanah longsor,” kata
Bupati Nelson lagi.
Bupati juga mengimbau kepada pemerintah kecamatan dan desa daerahnya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di masing-masing wilayah yang menjadi salah satu faktor penilaian kinerja.
“Saya berharap pemerintah kecamatan dan desa serius dalam hal pelestarian alam dan lingkungan, dan saya berharap lokasi cagar alam
ini agar selalu dipelihara dan dijaga terus keberadaannya,” kata Nelson lagi.
Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Gorontalo Syamsudin Panigoro mengatakan, di Kabupaten Gorontalo terdapat dua lokasi cagar alam, yakni cagar alam Tangale dan cagar alam hutan Nantu.
“Pada dua lokasi cagar alam ini khususnya di pinggiran sungai akan ditanami bibit bambu kuning, selain untuk menjaga kelestarian alam, juga untuk membudidayakan kembali bambu kuning yang merupakan ciri khas Gorontalo saat ini sudah terancam punah dan sulit ditemukan,” kata Syamsudin pula.(anjas)