Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Lampung Miliki Pusat Latihan Tempur Marinir

0

Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Provinsi Lampung memiliki Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir-8 di Teluk Ratai yang merupakan satuan baru marinir berkedudukan di daerah Lampung.
Dalam penjelasan yang diterima di Bandarlampung, Senin,  keberadaan Puslatpur di Lampung itu telah diresmikan secara langsung oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana SE.
Puslatpur Korps Marinir-8 Teluk Ratai Lampung yang merupakan satuan baru dan berdomisili di Provinsi Lampung itu berkedudukan langsung di bawah Kolatmar, telah diresmikan pada Jumat (3/6).
Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Buyung Lalana mengatakan, peresmian Puslatpurmar-8 Korps Marinir di Teluk Ratai Lampung, sebagai salah satu satuan pelaksana komando latih marinir (Kolatmar), pada hakikatnya merupakan realisasi dari kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan profesionalitas satuan dan efektivitas pembinaan latihan pertempuran Korps Marinir, melalui penyediaan sarana dan prasarana latihan yang menantang, sekaligus sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kekuatan serta kemampuan Korps Marinir secara menyeluruh.
“Dengan peresmian Puslatpurmar-8 Teluk Ratai ini diharapkan mampu menambah kapabilitas Kolatmar dan juga dalam rangka meningkatkan kemampuan Daerah Latihan Teluk Ratai dan sekitarnya sebagai kawah candradimuka prajurit-prajurit petarung Korps Marinir,”  ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan, letak geografis Teluk Ratai yang strategis berada di ujung selatan Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan laut, sehingga cukup memadai sebagai sarana latihan lanjutan aspek laut prajurit Korps Marinir berupa renang, dayung, menembus gelombang serta medan belakang pantai yaitu hutan dan perbukitan yang cukup ideal untuk dijadikan tempat latihan operasi tempur darat.
Berdasarkan analisa dan beberapa pertimbangan, maka Korps Marinir merasa perlu segera meresmikan puslatpur ini, dengan harapan setelah diresmikan dapat dilaksanakan program pembangunan fasilitas sarana dan prasarana serta peningkatan kemampuan Puslatpur-8 Teluk Ratai.
Hal ini tidak saja dapat menunjang kepentingan peningkatan profesionalitas satuan-satuan marinir, tetapi  juga  diharapkan dapat  memberikan kontribusi positif bagi pembangunan wilayah Teluk Ratai dan sekitarnya, katanya lagi.
Komandan Korps Marinir mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait atas kerja sama dan bantuan baik moril maupun materiil, sehingga pembentukan Puslatpurmar-8 Teluk Ratai dapat berjalan dengan baik mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pembangunan sampai dengan peresmian.
Selanjutnya kepada seluruh prajurit Puslatpurmar-8 Teluk Ratai, Komandan Korps Marinir itu berharap agar segera melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan kerja dan tugas pokoknya, sehingga tugas-tugas yang diemban Puslatpurmar-8 Teluk Ratai ini dapat terlaksana dengan baik.
Bersamaan upacara peresmian Puslatpur tersebut, Komandan Korps Marinir juga melaksanakan pengukuhan jabatan Komandan Puslatpurmar-8 kepada Mayor Marinir Nandang Permana Jaya yang akan memimpin Puslatpurmar-8 Teluk Ratai, kemudian dirangkai dengan penandatanganan prasasti peresmian dan penyerahan bendera Tunggul Satuan Puslatpurmar-8 Teluk Ratai Lampung.
Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Hasanudin, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Markos, Asops Dankormar Kolonel Marinir Edy Juardi, Aslog Dankormar Kolonel Marinir Suherlan, Dankolatmar Kolonel Marinir Imam  Sopingi, Danbrigif-3 Mar Kolonel Marinir Weri Jhon, Dandenjaka Kolonel Marinir Supriyono dan  Komandan Lanmar Jakarta Kolonel Marinir Teguh Widodo, juga dihadiri oleh Danrumkitmar Cilandak, Kadismat Kormar, Para Komandan Satlak di jajaran Marinir yang berada di Lampung.(anjas)