Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Seluruh Stasiun KAI Purwokerto Terapkan Sistem “Check-In”

0

     Purwokerto, jurnalsumatra.com – Seluruh stasiun di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, menerapkan sistem “check-in” bagi penumpang KA yang akan berangkat, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono.
“Secara keseluruhan di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto  terdapat 13 stasiun yang melayani naik-turunnya penumpang, yakni Purwokerto, Kroya, Sumpiuh, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Maos, Cilacap, Gandrungmangun, Sidareja, Bumiayu, dan Slawi,” katanya di Purwokerto, Selasa.
Menurut dia, PT KAI telah melengkapi stasiun-stasiun tersebut dengan perangkat “check-in” mandiri (CIM).
Dengan demikian, kata dia, penerapan sistem “check-in” di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto berjalan sesuai target, yakni selesai sebelum memasuki masa angkutan Lebaran 2016.
“Dengan penerapan sistem ‘check-in’ ini, semua penumpang yang akan berangkat wajib melakukan prosedur ‘check-in’ sebelum melakukan ‘boarding’, termasuk penumpang yang telah memegang tiket yang dibeli melalui pemesanan beberapa waktu yang lalu,” katanya.

     Ia mengatakan prosedur “check-in” dapat dilakukan sejak 12 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.
Menurut dia, waktu “check-in” yang cukup panjang dimaksudkan untuk memberi kesempatan penumpang melakukan “check-in” lebih awal dan menghindari antrean dalam proses “check-in”.
“Proses ‘check-in’ dapat dilakukan oleh calon penumpang itu sendiri atau orang lain dengan memasukan kode ‘booking’ pemesanan tiket atau memindai ‘barcode’ yang ada pada struk atau surat elektronik yang berisi pemberitahuan pemesanan tiket. Setelah proses itu selesai, penumpang akan mendapatkan ‘boarding pass’,” katanya.
Kendati demikian, dia mengatakan “boarding” harus dilakukan oleh penumpang itu sendiri dengan menunjukkan kartu identitas asli untuk diverifikasi oleh petugas dengan data “boarding pass”.
Dengan pemberlakuan sistem “check-in”, kata dia, penumpang tidak lagi memerlukan tiket karena cukup menggunakan “boarding pass” yang diperoleh saat “check-in” dan selanjutnya digunakan saat “boarding” dan naik KA.
“Khusus untuk pembelian tiket keberangkatan langsung (goshow) di loket stasiun, penumpang akan mendapatkan bukti transaksi dan ‘boarding pass’ sehingga tidak perlu melakukan ‘check-in’ sendiri, langsung bisa boarding.(anjas)