Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Gubernur SUMBAR Apresiasi Pembentukan “Dubalang” Kota Pariaman

0

Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com- Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi pembentukan “dubalang” atau tenaga pengamanan desa di Kota Pariaman.
“Pemerintah provinsi sangat mendukung pembentukan dubalang di Kota Pariaman yang bertujuan untuk mengamankan setiap desa yang ada,” kata dia di Pariaman, dalam kegiatan safari Ramadhan, Kamis malam (9/6).
Selain dapat mengamankan dan menertibkan desa, para dubalang yang dibentuk pemerintah setempat diharapkan juga dapat mengawal adat dan agama sehingga nilai-nilainya tidak memudar di tengah masyarakat.
Menurutnya peran dubalang sangat besar sekali bagi kemajuan daerah terutama dalam menjaga kestabilan masyarakat di tingkat pemerintahan terendah yaitu desa.
“Para tenaga dubalang yang dibentuk tersebut akan kita sampaikan juga kepada daerah lainnya di Sumbar sehingga mengikuti jejak Pariaman dalam menjalankan keamanan dan ketertiban desa,” ujarnya.
Sementara itu Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, mengatakan dubalang merupakan sebuah inovasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus mendukung kembali menyemarakkan kehidupan bernagari.
“Tenaga keamanan di Kota Pariaman sangat terbatas, kita tidak bisa hanya mengandalkan aparat kepolisian sepenuhnya, maka peran dubalang sangat membantu sekali,” katanya.
Selain membantu mengamankan desa, dubalang sendiri dibentuk pemerintah setempat untuk mencegah masuknya paham radikalisme dan aliran yang menyimpang dari kaidah Islam yang berpotensi merusak tatanan kehidupan bermasyarakat.
Nantinya setiap desa atau kelurahan di kota itu memiliki dua orang personel dubalang untuk mengamankan daerahnya dari tugas pokok yang telah dibebankan. Selain itu para anggota dubalang juga harus dibekali ilmu beladiri dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menjaga desa yang diawasi.
Para dubalang di daerah tersebut nantinya bekerja dengan menggunakan seragam serba hitam dan diberikan honor dari sumber dana desa yang ada oleh pemerintah setempat.(anjas)