Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Produksi Tahu Padangpariaman Meningkat Saat Ramadhan

0

     Padangpariaman, jurnalsumatra.com -  Produksi tahu di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat  mengalami peningkatan pada bulan Ramadhan 1437 Hijriyah.
Ita Yunita (45) salah seorang pemilik usaha tahu di Padangpariaman, Jumat mengatakan dibandingkan hari biasanya produksi tahu mengalami peningkatan hingga 250 kilogram setiap harinya.
“Sebelum puasa produksi tahu di sini hanya 500 kilogram, namun memasuki minggu pertama Ramadhan permintaan konsumen naik menjadi 750 kilogram setiap harinya dengan omzet penjualan mencapai Rp5 juta hingga Rp6 juta rupiah,” kata dia.
Ia menyebutkan naiknya permintaan konsumen dikarenakan tahu dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai salah satu makanan utama saat puasa. Yunita mengatakan akibat meningkatnya permintaan konsumen tahu, pihaknya sampai kewalahan untuk memproduksi setiap harinya.
“Pesanan masyarakat sangat tinggi saat Ramadhan, sementara usaha kami memiliki keterbatasan seperti alat perebusan untuk membuat tahu,” jelasnya.

     Dalam satu minggunya usaha yang digelutinya sejak 17 tahun terakhir harus menyediakan lima ton kacang kedelai untuk memproduksi tahu yang dijual ke daerah Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman.
Terkait harga bahan baku kedelai dikatakannya mengalami kenaikan, satu kilogramnya dibeli dengan harga Rp7 ribu dari pemasok di Kota Padang. Selain mengeluhkan naiknya harga bahan baku, pengusaha tahu juga berharap pemerintah memperhatikan listrik di daerah itu.
“Kalau listrik mati maka kami harus menjalankan usaha dengan menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar, setiap harinya menghabiskan biaya tambahan produksi juga,” katanya.
Sementara itu Farida (29) salah seorang konsumen menyebutkan sudah menjadi langganan tahu di pabrik tersebut untuk pemenuhan kebutuhan sehari-harinya.
“Biasanya saya kalau beli tahu dalam jumlah banyak langsung ke pabriknya, karena kalau membeli langsung harganya lebih murah dibandingkan di pasar,” kata dia.
Ia menambahkan selain menghemat biaya, tahu di daerah tersebut juga memiliki rasa yang lebih enak sekaligus mengandung banyak protein dan gizi yang baik bagi kesehatan konsumen.(anjas)