Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DKP Tangerang Berikan Pelatihan Usaha Pengelolaan Ikan

0

     Tangerang, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten memberikan pelatihan kepada  90 warga dalam usaha pengelolaan bidang perikanan.
“Dari pelatihan itu diharapkan peserta dapat hidup mandiri dan menghasilkan uang untuk memenuhi keuangan keluarga,” kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran DKP Pemkab Tangerang Arif Feisal di Tangerang, Sabtu.
Arif mengatakan mereka diajarkan bagaimana membuat bakso terbuat dari olahan ikan, nuget, permen, dodol dan pengolahan rumput laut.
Dia mengatakan pelatihan tersebut dibagi dalam tiga kecamatan masing-masing sebanyak 30 peserta diantaranya dari Kecamatan Tigaraksa, Cisoka dan Legok.
Program tersebut membantu para nelayan dan petani tambak serta warga yang membudidayakan ikan pada air tawar agar hasil dapat dimanfaatkan dengan nilai ekonomi tinggi.

     Sedangkan ikan tidak hanya untuk dikonsumsi seperti biasanya tapi dapat diolah dan menghasilkan uang lebih banyak.
Menurut dia, program tersebut merupakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemkab Tangerang untuk dapat mengelar kejar paket C.
Namun tujuan lain dari program itu untuk mencetak pengusaha lokal di bidang perikanan yang mampu bersaing dengan daerah lain.
Bila peserta telah memiliki ketrampilan dalam pengolahan ikan, tentunya memberikan nilai tambah terhadap hasil tangkapan nelayan.
Pelatihan tersebut direncanakan bertahap dan dilaksanakan pada daerah lain seperti bagi warga yang bermukim di kawasan pesisir.
Dia mengatakan pelatihan itu juga diberikan agar hasil tangkapan nelayan dapat diolah menjadi produk bernilai tinggi dan harga jual bersaing.(anjas)