Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Jumlah SD Lakukan Pendaftaran RTO Bertambah

0

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Jumlah sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Yogyakarta yang akan melaksanakan pendaftaran siswa baru dengan sistem “real time online (RTO/daring) pada tahun ajaran 2016/2017 bertambah empat sekolah.
“Pada tahun ajaran sebelumnya, ada 20 sekolah yang melakukan pendaftaran dengan sistem ‘real time online’. Tahun ini, akan ada tambahan empat sekolah lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Sabtu.
Keempat sekolah dasar negeri yang akan melaksanakan penerimaan siswa baru dengan sistem RTO adalah SD Tamansari 1, SD Keputran 1, SD Gedongkiwo dan SD Rejowinangun 1.
Pada tahun lalu, 20 SD negeri yang menyelenggarakan penerimaan siswa baru dengan sistem RTO adalah SD Ungaran 1, SD Serayu, SD Lempuyangwangi, SD Jetisharjo, SD Glagah, SD Giwangan, SD Kotagede 1, SD Gedongkuning, SD Pujokusuman 1.
SD Suryodiningratan 3, SD Keputra A, SD Keputran 2, SD Tegalrejo 1, SD Tegalrejo 2, SD Petinggen, SD Bumijo, SD Pakel, SD Bhayangkara, SD Ngupasan dan SD Timuran.
Edy berharap penambahan jumlah SD yang menjalankan sistem pendaftaran RTO akan semakin memudahkan masyarakat untuk memilih dan mendaftarkan anaknya masuk sekolah negeri di Kota Yogyakarta.
Pendaftaran siswa baru untuk jenjang SD akan dilakukan selama dua hari pada 20-21 Juni di sekolah yang menjadi pilihan. Setiap calon siswa baru bisa memilih dua sekolah.
Pendaftaran siswa baru SD tidak dibedakan menjadi jalur siswa dari keluarga pemegang kartu menuju sejahtera (KMS) dan jalur reguler.
“Tidak ada kuota KMS dan reguler. Siswa asal Kota Yogyakarta akan memperoleh keuntungan mendapat tambahan usia 120 hari atau empat bulan,” katanya.
Seleksi masuk SD di Kota Yogyakarta didasarkan pada usia yaitu minimal tujuh tahun. “Jika usianya semakin memenuhi syarat, maka peluang diterima semakin besar. Siswa dalam kota akan memperoleh tambahan usia 120 hari,” katanya.
Sedangkan untuk SMP dan SMA/SMK seluruh sekolah negeri di Kota Yogyakarta akan melakukan pendaftaran siswa baru dengan sistem daring. Di Kota Yogyakarta terdapat 16 SMP negeri, 11 SMA negeri dan tujuh SMK negeri.
Pendaftaran jalur reguler untuk SMP, SMA/SMK diawali dengan pengajuan pendaftaran daring yang dilakukan pada 20-29 Juni untuk SMP, dan 11-24 Juni untuk SMA/SMK. Pengajuan pendartaran daring dilakukan melalui laman resmi pendaftaran RTO.(anjas)