Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dubes Uni Eropa Kunjungi Papua Dukung Penghijauan

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend bersama rombongan mengunjungi Provinsi Papua untuk menindaklanjuti dukungan pembangunan hijau yang berkelanjutan di wilayah Bumi Cenderawasih.
Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend, di Jayapura, Senin, mengatakan dukungan lembaga Uni Eropa yang diwujudkan dalam program “Participatory Monitoring by civil society of Land-use Planning for Emission Development strategies (ParciMon)” telah berupaya untuk mendukung Papua khususnya di tiga kabupaten.
“Tiga kabupaten/kota tersebut di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Merauke dalam mencapai tujuan pembangunan rendah emisi dan upaya berkontribusi pembangunan rendah emisi di Indonesia,” katanya.
Menurut Vincent, melalui program ParciMon, pemerintah daerah di Provinsi Papua, khususnya di tiga kabupaten dampingan dan lembaga Uni Eropa telah melakukan upaya kerja sama dalam penguatan kapasitas daerah agar para pihak di daerah dapat merencanakan, melaksanakan dan melakukan pemantauan serta evaluasi kegiatan-kegiatan pembangunan hijau yang berkelanjutan.
“Melalui penguatan kapasitas pemerintah daerah dapat memperkecil hambatan dalam mencapai komitmen penurunan emisi gas rumah kaca, sekaligus mendukung upaya untuk mewujudkan pembangunan rendah emisi yang melibatkan semua pihak (inclusive),” ujarnya.

    Dia menuturkan juga untuk mengintegrasikan berbagai sudut pertimbangan (integrative) dan berbasiskan (informed) informasi serta data yang memadai selama empat tahun masa pelaksanaannya.
“Selama empat tahun masa pelaksanaannya, Program parciMon dilaksanakan oleh konsorsium mitra yang terdiri dari World Agroforestry Centre (ICRAF), Satuan Tugas Pembangunan Rendah Karbon Papua (PLCD-TF), Universitas Brawijaya dan Yayasan Hidup Papua (YALI),” katanya lagi.
Dia menambahkan melalui kunjungan ini, pihaknya berkeinginan untuk keberhasilan ParciMon, berdiskusi secara langsung dengan para pihak yang terlibat sekaligus mengidentifikasi strategi keberlanjutan pasca program ini berakhir.
Dalam kunjungannya, Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend didampingi Kepala Kerjasama Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia Franck Viault dan Program Manager Uni-Eropa Giovanni Serritella.
Rencananya rombongan Uni Eropa ini akan mengunjungi Papua selama empat hari yaitu sejak 13-14 Juni 2016 di Jayapura dan 15-16 Juni 2016 di Merauke.(anjas)