Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Kemkumham Sumsel Tingkatkan Pengawasan Cegah Masuknya Narkoba

0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pengawasan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara untuk mencegah masuknya narkoba di kedua tempat tersebut.
Selain meningkatkan pengawasan, pihaknya juga berupaya meningkatkan pembinaan terhadap narapidana yang ada di 20 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara dalam provinsi ini sehingga tidak terlibat dalam kasus penyalahgunaan barang terlarang itu, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) Sumatera Selatan Juliasman Purba, di Palembang, Senin.
Dia menjelaskan, narapidana yang menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara dihukum karena melakukan berbagai pelanggaran hukum termasuk terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba.
Beberapa waktu lalu pernah ditemukan sejumlah narapidana yang mencoba menyimpan, mengedarkan, dan mengkonsumsi narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara, namun berkat pengawasan yang ketat tindakan tersebut cepat diketahui dan ditangani dengan baik sesuai dengan ketentuan.

    Dengan pengawasan dan pembinaan yang baik diharapkan narapidana dapat mematuhi aturan dan menjalani hukuman selama berada di dalam lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara tanpa melakukan perbuatan pelanggaran hukum yang dapat memperpanjang masa hukumannya, katanya.
Menurut dia, untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana, pihaknya secara bertahap memperbaiki dan menambah fasilitas pendukung serta mendeteksi dini setiap permasalahan yang terjadi sehingga dapat dicegah pelanggaran hukum seperti kerusuhan antarnarapidana dan kasus narkoba.
Kemudian, pihaknya juga berupaya menyiapkan berbagai pelatihan keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya narapidana seperti pelatihan bengkel kendaraan bermotor, membuat kerajinan tangan, pelatihan membuat batik, dan makanan.
Sementara mengenai kondisi kapasitas ruang tahanan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di wilayah kerja Kanwil Kemkumham Sumsel, sekarang ini masih terbatas karena sebagian besar jumlah penghuninya melebihi kapasitas daya tampung yang tersedia, kata Juliasman.(anjas)