Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Uni Eropa Dukung Ekonomi Papua Berbasis Masyarakat

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Uni Eropa mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan dengan dukungan infrastruktur memadai di Kabupaten Jayapura.
Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend, di Jayapura, Senin, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh program “Participatory Monitoring by civil society of Land-use Planning for Emission Development strategies (ParciMon)” telah sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.
“Melalui kegiatan penguatan kapasitas yang dilakukan ParCiMon baik dalam aspek teknis maupun kelembagaan, Pokja Inisiatif Pembangunan Rendah Emisi (IPRE) Kabupaten Jayapura telah mampu mengembangkan delapan aksi mitigasi untuk mengurangi emisi di wilayah setempat,” katanya.
Vincent menjelaskan program delapan aksi mitigasi yang dikembangkan oleh IPRE Kabupaten Jayapura untuk mengurangi emisi di wilayah setempat berpotensi hingga 19,2 juta ton CO2-eq atau 23,5 persen dari BAU baseline.

    “Dengan didukung oleh komitmen yang kuat dari Pemkab Jayapura dalam mengarusutamakan pembangunan rendah emisi ke dalam rencana pembangunan daerah, maka aksi mitigasi tersebut dapat langsung diinternalisasikan ke dalam rencana kerja tahunan untuk dapat diimplementasikan oleh pemerintah setempat,” ujarnya.
Dia menuturkan, pihaknya ingin menekankan bahwa keberadaan ParCiMon di Kabupaten Jayapura adalah untuk mendukung pemerintah daerah dalam upaya menurunkan emisi dari sektor lahan dengan tetap mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi ke arah lebih baik lagi.
“ParCiMon juga turut mendukung visi misi Pemkab Jayapura untuk memperkuat hak-hak adat dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan dalam melakukan pendampingan pemetaan partisipatif di Kampung Asei Besar,” katanya lagi.
Dia menambahkan, Kampung Asei Besar merupakan kampung percontohan untuk implementasi salah satu aksi mitigasi yang diusulkan Pokja IPRE dengan revitalisasi perkebunan sagu di sekitar Danau Sentani, yang dapat berkontribusi sebesar 0,326 persen dari 23,5 persen penurunan emisi total di Kabupaten Jayapura.
Sebelumnya, Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend bersama rombongan mengunjungi Provinsi Papua untuk menindaklanjuti dukungan pembangunan hijau yang berkelanjutan di wilayah Bumi Cenderawasih pada 13-16 Juni 2016.(anjas)