Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga Gorontalo Minta Penjualan Petasan Ditertibkan

0

Gorontalo, jurnalsumatra.com- Sejumlah warga minta aparat kepolisian dan pemerintah daerah menertibkan penjualan petasan, terutama di pusat perbelanjaan dan di sejumlah titik tertentu di Kota Gorontalo.
Yusup Ismail, seorang warga Kota Gorontalo, Senin, mengatakan, sejak awal Ramadan 1437 Hijriyah, penjualan petasan mulai marak di pusat perbelanjaan bahkan di tempat keramaian.
Dia menjelaskan, berbagai jenis dan ukuran petasan dijual oleh pedagang dadakan, mulai dari ukuran yang berbentuk roket dengan daya ledak yang besar sampai dengan kecil dengan daya ledak kecil pula.
“Kami tidak melarang orang mencari nafkah,  asalkan yang bermanfaat dan tidak mengganggu ketertiban, apalagi kadang orang melaksanakan shalat, petasan terkadang diledakkan oleh oknum yang tidak bertangungjawab,” Kata Ismail.
Sementara itu, Efendy Mohamad, tokoh masyarakat di daerah tersebut mengatakan, saat ini hampir di setiap wilayah terdapat penjual petasan. Hal ini tentunya harus mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun aparat kepolisian untuk menertibkan.
Menurut dia, seharusnya pemerintah maupun aparat kepolisian jangan hanya menertibkan penjual tetapi pemasok barang tersebut ke wilayah Gorontalo.
“Petasan saat ini dijual bagaikan barang dagangan lainnya, tanpa ada larangan dari instansi berkompoten padahal sangat mengganggu saat orang menjalankan ibadah Ramadan,” kata Efendiy.
Dia menjelaskan, petasan bukan barang yang dijadikan mainan karena sangat berbahaya dan mengganggu ketertiban, apalagi banyak pedagang yang menjual petasan dengan ukuran dan daya ledak yang sangat besar.
Menurut dia, seharusnya larangan bukan saja diperuntukkan kepada pemilik tempat hiburan malam ataupun rumah makan untuk tidak berjualan siang hari, namun juga pedagang maupun penjual petasan harus segera ditertibkan.(anjas)