Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Petani OKI Terima Tambahan 402 Alsin

0
Foto bersama

Foto bersama

KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Sejak tahun 2015 kelompok tani di Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) kembali menerima tambahan Alat Mesin (Alsin) pertanian, dari pemerintah Pusat, sebanyak 402 Alsin berupa hentraktor dan Pompa air.

402 Alsin tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati OKI, Iskandar, kepada Sejumlah kelompok tani, di halaman kantor Dinas Pertanian OKI, rabu (15/6/2016).”Ini adalah tambahan bantuan dari pusat, sebelumnya kita sudah banyak dibantu ratusan unit Alsin, Bantuan ini tujuannya untuk mempercepat dan meningkatkan produksi pangan di Kabupaten OKI, ini adalah bentuk perhatian pemerintah pusat yang berharap Kabupaten OKI menjadi salah satu daerah penyumbang Pangan terbesar di Indonesia,” kata Bupati.

Bupati berharap agar alat pertanian itu betul-betul dimanfaatkan oleh para petani dilapangan untuk menggarap lahan pertanian guna mempercepat produksi padi di Bumi bende Seguguk.” Kepada Unit pengelola jasa alat pertanian, agar mengelola alat itu dengan baik, pinjamkan dengan kelompok tani yang benar-benar memerlukan alat tersebut,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Syarifudin, mengatakan, Bantuan Alsin Pertanian, berupa hentraktor sebanyak 335 unit, Pompa air sebanyak 67 unit, hentraktor digunakan untuk mempercepat pengolahan lahan baik sebelum tanam maupun paska tanam, sementara pompa air digunakan untuk membantu mengairi lahan pertanian yang kering saat musim kemarau,” terang Syarifudin.

Dijelaskan Syarifudin, di tahun 2016, kabupaten OKI mendapat target produjksi padi sebanyak 800 ribu ton.” Oleh sebab itu, kita butuh dukungan alat untuk pengolahan tanah baik sebelum tanam, atau paska panen, kemudian kita juga butuh penyiraman saat memasuki musim kemarau, sebelumnya petani kita sudah dibantu sebanyak 360 unit alat pengolahan tanah, alat tanam 38 unit, alat panen 38 unit dan ratusan pompa air, bantuan itu sudah dikucurkan,” terangnya.

Ditahaun ini diwilayah OKI sudah mulai panen terutama di wilayah air sugihan sebanyak 6000 ha dan 20.000 ha di lempuing jaya dan lempuing induk.” Sementara untuk lahan lebak saat ini belum bisa tanam untuk IP 200 karena perubahan iklim, air masuh dalam sehingga tertunda penanamanya, seharusnya bulan ini sudah rampung penanaman, tetapi kita tergetkan untuk sawah lebak mulai tanam bulan sepetember nanti,” jelasnya.

Komandan Kodim 0402 OKI, Letkol KAV Dwi Irbaya Sandra, mengatakan bahwa pihaknya sebagai pendamping petani, akan mendorong bulog untuk menyerap beras para petani.” Kita dorong penyerapan beras petani agar diserap oleh bulog, sehingga beras hasil petani di OKI bisa bersaing di pasaran, kita juga mengawal percepatan cetak sawah sebanyak 11 ribu ha,” ungkapnya.(ADV/RICO)