Jalan Lingkar Kayuarakuning-Seterio Banyuasin Bahaya Bagi Pemudik Lebaran

0

jalan lingkar banyuasinBanyuasin, jurnalsumatra.com – Jalan Lingkar Kayuarakuning-Seterio Banyuasin sebagai jalan alternatif dinilai belum aman dan masih membahayakan bagi para pemudik lebaran 1437 H. Pasalnya,jalan sepanjang 9 kilometer ini kondisinya masih rusak, disepanjang jalan baik dari arah Km 42 Kayuarakuning maupun dari arah Km 52 Seterio masih banyak ditemukan lubang yang cukup dalam dan membahayakan.

Dari pantauan,Jumat (17/6) 2016) titik kerusakan berada di jembatan depan Samsat, jembatan depan Markas Manggala Agni Daops Banyuasin, sekitar simpang Empat Lubuksaung, depan Makam Pahlawan, jembatan sekitar hutan larangan, disekitar perumahan Villa Jasmin, depan SMKN dan Lapas Banyuasin.

Selain jalan,sarana penerangam juga tidak tersedia di ruas jalan lingkar ini terutama dari simpang tugu hutan larangan sampai pintu gerbang Km 52 Seterio. Kondisi ini tentu rawan akan aksi kejahatan terutama pada malam hari. “Lubang masih banyak di sepanjang jalan lingkar, saya kira belum aman bagi para pemudik,”kata Untung (42) warga  Muba, Jumat (17/6) 2016.

Kata dia, setiap berangkat ke Palembang selalu melintasi jalan lingkar ini karena tidak terlalu padat kendaraan,namun persoalannya masih banyak titik jalan yang rusak. “Jalan ini jalan alternatif, seharusnya jadi perhatian serius Pemkab Banyuasin untuk diperbaiki. Sehingga pemudik bisa melintasi ruas jalan ini dengan nyaman,” harapnya.

Ketua DPRD Banyuasin, H Agus Salam, SH  beberapa waktu lalu menekankan agar semua fasilitas umum seperti jalan,dalam kondisi baik sebelum lebaran tahun ini. “Kita minta semua fasilitas umum kondisinya bagus, mau dananya dari mana terserah bupati, apakah APBN,APBD Propvinsi atau APBD Kabupaten,” tegasnya.

Dengan kondisi jalan baik dan bagus terangnya  tentu akan membuat rasamenyaman para pemudik dan juga untuk mengatasi kecelakaan dan kemacetan. “Khusus jalan lingkar anggarannya ada tahun ini,jadi segera lakukan perbaikan,” tandasnya.

Kapolres Banyuasin AKBP Prasetyo R Purboyo juga meminta Pemkab Banyuasin untuk memperbaiki kerusakan jalan lingkar,karena dari informasi Satlantas kondisi jalan ini masih banyak terdapat kerusakan yang bisa membahayakan masyarakat. “Jalannnya masih banyak lubang, harapan  kita segera di perbaiki,mengingat jalan ini jalan alternatif bagi pemudik lebaran,” katanya. (Lubis)