Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Jelang Lebaran BI Siapkan 1 Milyar Uang Kecil

0
Mobil Kas Keliling BI Palembang (1)

Jelang Lebaran BI Siapkan 1 Milyar Uang Kecil

Palembang, jurnalsumatra.com – Bank Indonesia kantor wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), sudah menyalurkan sekitar Rp 10 miliar penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan lebaran masyarakat di Kota Palembang, sampai dengan kamis (15/6).

Kepada jurnalsumatra.com Asisten Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Dadan M Sardah mengatakan “Sejak peluncuran dua mobil kas keliling untuk penukaran uang pecahan uang kecil pada tanggal, 6 Juni 2016 yang berkeliling ke beberapa tempat di Palembang. perputaran penukaran uang pada kas keliling BI mencapai Rp 1 miliar dalam satu hari. Dengan satu mobil menghabiskam uang pecahan kecil untuk ditukarkan masyarakat sebanyak Rp 500 juta” bebernya.

Menurutnya, jumlah uang pecahan yang paling banyak diminati masyarakat saat ini adalah pecahan Rp 5.000 dan Rp 10.000, dengan penukaran perhari pada mobil kas keliling untuk kedua pecahan tersebut dipersiapkan, pecahan Rp 10.000,- sebanyak Rp 116 miliar, sedangkan untuk pecahan Rp. 5.000,- sebanyak Rp 85,9 miliar.

“Kedua pecahan tersebut diantaranya yaitu Rp 5.000,- dan Rp 10.000,- biasa banyak ditukarkam untuk bagi-bagi THR. Itulah kenapa pecahan tersebut paling banyak diminati untuk penukarannya,” tambahnya.

Bank Indonesia kantor Perwakilan Sumsel sendiri seperti diketahui, telah menyiapkan uang pecahan kecil untuk kebutuhan masyrakat menjelang Lebaran Idul Fitri 1437 H (Hijriah) sebanyak Rp. Rp 351,2 Miliar, semuanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang didukung juga oleh sejumlah Perbankan Nasional dan Bank Daerah.

Bank Indonesia sendiri telah menyiapkan dua kendaraan kas keliling selama empat hari dalam satu minggu untuk pelayanan penukaran uang pecahan setiap hari Senin-Kamis, yang akan beroperasi sampai dengan tanggal 30 Juni 2016,” pungkasnya. (eddie)