Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Polda Riau Siap Amankan Jalur Mudik

0

     Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Ribuan personil Direkorat lalu lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Riau siap mengawal dan mengamankan jalur mudik Idul Fitri 1437 Hijriah.
“Personil Lantas ada sekitar 960 orang, dan jumlah itu belum termasuk jajaran di daerah serta Direktorat lainnya yang dapat mencapai ribuan personil. Saya optimistis aktivitas mudik berjalan dengan tertib dan aman,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Pol Guritno di Pekanbaru, Jumat.
Ia menjelaskan hal tersebut setelah menggelar pemeriksaan sarana prasarana dan alat komunikasi (Sarpras Alkom) seperti kendaraan bermotor, senjata dan alat komunikasi di Riau Safety Driving Center (RSDC) Polda Riau, Kota Pekanbaru.
Dalam pemeriksaan tersebut, Guritno tampak memeriksa satu persatu anggota kepolisian mulai dari memeriksa senjata yang digunakan oleh anggotanya hingga alat komunikasi tidak luput dari pantauannya.
Selanjutnya, Guritno turut memeriksa senjata api yang melengkapi tugas personil lantas saat melakukan patroli di jalanan. Senjata api yang diperiksa tidak hanya sebatas laras pendek melainkan laras panjang serta amunisinya.
Guritno menjelaskan secara umum kondisi jalur mudik baik antar kota maupun menuju provinsi tetangga di Riau dalam kondisi baik. Hanya saja, ia menilai perlu tambahan rambu lalu lintas pada sejumlah ruas jalan serta mempermudah akses informasi ke pengendara.
“Secara umum jalur mudik terpantau aman. Hanya butuh penambahan beberapa marka jalan sebagai tambahan informasi,” jelasnya.

     Lebih jauh, Polda Riau juga berencana untuk menerbangkan pesawat tanpa awak atau Drone ke sejumlah titik sebagai upaya mencari titik rawan yang perlu dipetakan dari udara.
Kepala Kepolisian Daerah Riau, Brigjen Polisi Supriyanto sebelumnya mempertimbangkan untuk menempatkan sniper atau penembak jitu pada jalur mudik sebagai jaminan keselamatan untuk pemudik.
“(Penempatan) sniper itu tergantung kondisi. Kalau ada jalur yang dianggap rawan kejahatan, kita akan siapkan,” tegas Kapolda Riau kepada wartawan saat meninjau kesiapan jalur mudik di perbatasan Riau-Sumatera Barat beberapa waktu lalu.
Namun begitu, ia mengatakan jalur mudik Riau-Sumatera Barat (Sumbar) yang ditinjau Jajaran Polda Riau tersebut, kejahatan belum terpantau signifikan. Namun, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan sniper ditempatkan di jalur yang diprediksi cukup padat pada Idul Fitri 1437 Hijriah mendatang.
Selain wilayah tersebut, ia juga mengatakan akan mempertimbangkan penempatan penembak jitu di jalur mudik lainnya.
Lebih jauh, dalam kesempatan tersebut ia turut menyinggung agar dilakukan penambahan pos polisi guna menjamin keamanan pemudik. Ia juga meminta agar disiapkan petugas medis jika terjadi sesuatu untuk melakukan pertolongan pertama.
“Pos akan dilengkapi dengan pelayanan masyarakat, seperti tempat sholat dan istirahat, informasi jalur mudik dan tenaga kesehatan,” jelasnya.(anjas)