Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


PEMKAB Targetkan 350.000 Wisatawan Selama Libur Lebaran

0

Gunung Kidul, jurnalsumatra.com -  Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan kunjungan 350.000 wisatawan selama libur Lebaran, 3-13 Juli 2016.
Kabid Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan dari hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan Jumat (17/6), Pemkab Gunung Kidul menargetkan kunjungan wisatawan selama libur lebaran 350 ribu orang, atau meningkat 5.000 orang dibandingkan tahun lalu yakni 345.000 orang.
“Berdasarkan data kunjungan wisatawan yang setiap tahun meningkat, kami optimistis target tersenut akan terlampaui,” kata Hary.
Ia mengatakan untuk megantisipasi kemacetan saat libur lebaran, dari hasil rapat koordinasi antara pemkab, Polres Gunung Kidul, Kodim 0730, dan kecamatan, maka mulai H+2 sampai H+5 akan dilakukan arus searah menuju ke pantai. Selain itu melibatkan 559 orang petugas yang akan mengatur lalu lintas hingga petugas kebersihan.
Untuk tempat pemungutan retribusi, pihaknya pun akan menambah petugas jaga, sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan kendaraan sepertu tahun sebelumnya.
“Nantinya untuk jalur wisata ke arah pantai setelah H+5 pemberlakuan jalur searah melihat situasi dilapangan,” katanya.
Hary mengatakan untuk menyambut wisatawan, pihaknya pun menggelar atraksi budaya diantaranya campursari, dan jathilan di sejumlah objek wisata.
“Kami juga menyelenggarakan kesenian tradisional campursari dan jathilan, di Pantai Ngobaran, Krakal, Sundak, Kali Suci dan desa wisata Bleberan,” kata Hary.
Ia mengaku meski sempat terjadi gelombang tinggi pantai masih menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul.
“Kondisi sekarang kan sudah mulai normal, kami optimistis tidak akan berpengaruh banyak terhadap kunjungan wisatawan,” katanya.(anjas)