Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bantuan 1001 Masjid dan Musholah Baru 80 Persen

0

masjid-agung palembangPalembang, jurnalsumatra.com –  program bantuan 1001 Masjid dan Musholah yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang belum sepenuhnya dapat direalisasikan pada tahun ini. Karena realiasi program ini baru mencapai  896 dari 1001 masjid dan musholah yang mendapatkan bantuan, artinya baru 8o0 persen terrealisasi.

Kepala Bagian (Kabag) Sosial Masyarakat (Sosmas) Alhidir saat ini gaung pencanangan 1001 Masjid sudah mendekati progres.Dimana, dari 500 Masjid dan Musholah yan terdata tahun lalu, sekarang sudah memiliki 896 Masjid dan Musholah.

 “Untuk mencapai 1001, tahun ini belum bisa. Tapi, perkembangan cukup signifikan, dimana kita yakin tahun 2018 dapat terwujud program ini,”kata Alhidir, Senin (20/6).

Alhidir juga menyampaikan, saat ini Pemkot juga sedang melakukan pendataan terhadap Masjid dan Musholah di Kota Palembang, yang memiliki badan hukum.oleh karena itu Pemkot hanya memberikan bantuan untuk  pembangunan masjid dan musholah memiliki kendudukan yang legalitas.

Diterangkannya, pemberian bantuan dengan syarat legalitas badan hukum, merupakan bentuk pembinaan yang dilakukan Pemkot Palembang.Karena, sesuai dengan Permendagri, pemberian bantuan kepada masjid dan musholah harus memiliki legalitas berupa akta dari notaris.

Meski begitu, kita akan melakukan pemberian bantuan secara bertahap. Apalagi pemberian bantuan tidak berulang, dengan jeda waktu minimal tiga tahun,” terangnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Asisten IV bidang Kesra, Sadaruddin Hajar membenarkkan jika pemberian bantuan rumah ibadah, harus merupakan Masjid atau Musholah yang berbadan hukum. Jika belum ada badan hukum dan akta notaris maka belum dapat dibantu.

“Diwajibkan masjid atau musholah memiliki badan hukum, untuk mewujudkan kepengurusan masjid dan musholah yang bertanggung jawab. Karena, syarat untuk memiliki badan hukum, harus memiliki struktur kepengurusan yang jelas,” terangnya.

Nanti Pemkot akan melakukan pendataan melalui kecamatan, berapa banyak masjid dan musholah yang dapat dibantu Pemkot Palembang.” Seyogyanya Pemkot akan terus memperhatikan rumah ibadah. Tapi tetap mengikuti aturan,”tukasnya.(eka)