DRN Dorong Magelang Jual Wisata Gunung

0

Magelang, jurnalsumatra.com – Dewan Riset Nasional mendorong Kota Magelang dan daerah sekitar untuk menjual wisata gunung, karena daerah ini mempunyai lima gunung yang tidak dimiliki daerah lain.
Ketua Dewan Riset Nasional (DRN), Bambang Setiadi di Magelang, Kamis, mengatakan gunung di luar negeri itu hanya menang dingin saja, kalau di sini ini ada lima gunung yang pemandangannya sangat indah.
“Mengapa tidak bisa mendatangkan orang Eropa, apalagi Magelang sudah didukung fasilitas hotel internasional,” katanya usai pembukaan “Workshop Sosialisasi Agenda Riset Nasional dan Penguatan Peran Dewan Riset daerah” di Hotel Atria Magelang.
Ia mengatakan harus ada promosi dengan mengajak wisatawan asing untuk naik gunung paling aktif di dunia, yakni Merapi dan naik gunung paling indah di Sumbing.
“Tentu mereka harus diberi vasilitas, tempat istirahat yang standar atau memadai tentu mereka pasti datang. Orang Eropa yang menghindari dingin itu pasti ke sini,” katanya.
Ia mengatakan orang Kalimantan saja pasti mimpi ingin naik gunung, karena di sana tidak ada gunung maka pihaknya menguusulkan jual gunung untuk pariwisata.
“Menjual gunung itu salah satu pikiran saya, setelah itu Dewan Riset Daerah di Jawa Tengah yang wiyahnya ada gunung membuat konsorsium, terus mereka menyarankan pada bupati/wali kota atau gubernur membuat sebuah kebijakan bagaimana mengelola gunung untuk pariwisata,” katanya.
Keberadaan Magelang di antara lima gunung tersebut menurut dia Universitas Tidar (Untidar Magelang) fokusnya harus ilmu mengenai pengelola gunung termasuk mengelola untuk tembakau, lingkungan, dan air.
“Jadi semua orang yang mau belajar mengenai gunung itu nantinya harus ke Untidar,” katanya.(anjas)