Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bulog Lahat SUMSEL Adakan Pasar Murah Ramadan

0

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com- Perusahaan Umum Bulog sub divisi regional Kabupaten Lahat yang membawahi enam kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan melakukan kegiatan pasar murah Ramadan, guna menstabilkan harga kebutuhan pokok masyarakat, termasuk harga daging yang saat ini melambung.
Pasar murah Ramadan Bulog sub divisi regional (divre) Lahat membawahi (Lahat, Muaraenim, Pagaralam, Empat Lawang, Prabumulih dan Penukal Abab Lematang Ilir) itu merupakan program Bulog pusat untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran, kata Kasi Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Lahat, Gusdi Prasmana, Jumat.
Ia menjelaskan, harga bahan kebutuhan pokok yang dijual melalui pasar murah Ramadan itu  antara lain gula pasir Rp14 ribu per kilogram (kg), daging sapi Rp95 ribu per kg, beras Rp7.800 per kg, dan minyak goreng fortune Rp11 ribu per kg.
Harga kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah Ramadan itu memang cukup membantu warga, terlebih selama bulan suci Ramadan ini, contohnya gula pasar di pasaran umum dipatok kisaran Rp16 ribu per kg, sedangkan di Bulog hanya Rp14 ribu per kg.
Menurut Gusdi Prasmana, khusus stok gula pasir untuk kebutuhan selama diselenggarakan pasar murah Ramadan sebanyak 100 ton disiapkan di gudang Bulog Palembang.
Demikian halnya dengan daging sapi di pasaran mencapai Rp135 ribu per kg, di pasar murah Ramadan hanya Rp95 ribu per kg yang dipasok dari Bulog pusat, katanya.
Dikatakannya, untuk penjualan di pasar murah Ramadan Lahat, Bulog memasok tahap awal 50 kg dan selanjutnya akan dipesan sebanyak 150 kg disesuaikan dengan minat masyarakat setempat.
Dikatakan Gusdi, target Bulog sub divre Lahat menggelar pasar murah Ramadan untuk stabilisasi harga di tinggkat konsumen dan harga pasar.
“Pada prinsipnya pasar itu jika stok bahan pokok banyak, maka harga akan turun atau stabil. Makanya kami suplai banyak bahan pokok agar harga stabil di pasaran,” kata Gusdi.
Di samping itu, kata dia, jika Pemkab Lahat dan daerah lainnya di Sumsel membutuhkan operasi pasar, Bulog siap mendampingi.
Sementara terkait dengan pasar murah ini, menurut Rita (35) warga Talang Jawa Lahat  sangat terbantu, karena harga jual bahan pokok lebih murah dibandingkan yang dijual di pasaran.
Dia berharap, pasar murah Ramadan Bulog ini akan tetap buka hingga empat hari menjelang lebaran, sehingga warga lainnya dapat terbantu.(anjas)