Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Yogyakarta Pastikan Persediaan Elpiji Tiga Kilogram Cukup

0

Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta memastikan persediaan elpiji tiga kilogram mencukupi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2016.
“Dari pemantauan yang kami lakukan di lapangan, stok elpiji tiga kilogram aman,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta Sri Harnani di Yogyakarta, Sabtu.
Menurut dia, Pertamina akan selalu menambah pasokan elpiji tiga kilogram ke wilayah apabila terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat, khususnya selama ramadan dan lebaran.
Sri Harnani menyebutkan peningkatan kebutuhan elpiji tiga kilogram selama Ramadhan dan Lebaran 2016 tidak akan berbeda terlalu jauh dibanding kebutuhan pada periode yang sama 2015.
Pada tahun ini, lanjut dia, Pertamina sudah menambah alokasi kuota elpiji tiga kilogram di Kota Yogakarta sebesar 14 persen dibanding total alokasi kuota pada tahun lalu.
Berdasarkan pemantauan di lapangan, Sri Harnani mengatakan, harga eceran elpiji tiga kilogram di Kota Yogyakarta juga cukup stabil dan tidak ada gejolak harga yang signifikan karena pasokan cukup bagus.
“Harga eceran berkisar antara Rp16.000 hingga Rp16.500. Tidak ada yang sampai dijual dengan harga lebih dari Rp20.000,” katanya.
Sementara itu, Pertamina sudah melakukan sejumlah antisipasi kenaikan permintaan elpiji tiga kilogram selama ramadan dan lebaran di antaranya menambah pasokan.
Pada tahun lalu, terjadi kenaikan permintaan elpiji sebesar 13 persen dibanding kebutuhan harian, dan pada tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan 12 persen.
Pada 2016, Pertamina juga telah menambah kebutuhan harian sebesar 10 persen dibanding tahun sebelumnya.(anjas)