Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga Batang Barus Nikmati Air Bersih Aqua-Peduli

0

Arosuka, Sumbar, jurnalsumatr.com – Sebanyak 94 Kepala Keluarga (KK) warga Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, sudah bisa menikmati sarana air bersih bantuan program Aqua Peduli di daerah itu.
“Sejak adanya bantuan pipanisasi air bersih sepanjang tiga kilometer dari sumber mata air di Lubuk Selasih, masyarakat tidak lagi mengangkut air dari sungai kecil di antara tebing perbukitan,” kata Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar di Arosuka, Selasa.
Pengerjaan pipanisasi air bersih dari program Aqua Peduli itu dilakukan masyarakat setempat sejak pertengahan 2014.
Setelah selesai sebanyak 400 jiwa masyarakat yang tinggal di kawasan Kelok Batuang, Jorong Lubuk Selasih, sudah bisa menikmati air bersih yang dialirkan ke rumah masing-masing.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pabrik Aqua Solok yang telah meringankan beban masyarakat bidang pemenuhan air bersih,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Jorong Kelok Batuang, Iman Rajo Gandan menyebutkan, sebelum adanya saluran air bersih bantuan Pabrik Aqua, masyarakat seperti tinggal di daerah gurun pasir yang tandus, karena sulitnya mendapatkan air bersih.
Namun sekarang air bersih untuk masyarakat setempat sudah berlebih, sehingga telah menyalurkan pula ke Jorong Lubuk Selasih yang ada di sekitar kawasan itu.
Penyaluran tambahan ini atas inisiatif warga sendiri yang secara swadaya menambah pipanisasi ke rumah warga lainnya sepanjang 500 meter.
Pengelolaan air bersih yang dinikmati masyarakat Jorong Lubuk Selasih dikelola oleh masyarakat setempat dan setiap rumah tangga dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu per bulan.
“Dana yang terkumpul ini akan digunakan untuk perbaikan pipa jika mengalami kerusakan,” ujarnya.
Corporate Communication PT Tirta Investama Danone Aqua Jakarta, Michael Leimena didampingi Kepala Pabrik Aqua Solok Dwi Nofriyadi, dan CSR Coordinator Jon Betrit mengatakan, program Aqua Peduli merupakan bentuk kepedulian Aqua kepada masyarakat di daerah itu.
Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, Pabrik Aqua Solok juga menyantuni 45 orang anak yatim di Jorong Lubuk Selasih.
“Santunan kepada anak-anak yatim tersebut diharapkan dapat membantu mereka dalam merayakan Idul Fitri,” lanjutnya.(anjas)